Share

Kisah Mualaf Willy Dozan, Dapat Hidayah Islam saat Jadi Pendekar Santri

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 621 2513687 kisah-mualaf-willy-dozan-dapat-hidayah-islam-saat-jadi-pendekar-santri-2HbokqU7cn.jpg Kisah mualaf Willy Dozan. (Foto: Instagram @willydozan777)
A A A

KISAH mualaf Willy Dozan bisa jadi inspirasi banyak orang. Ia selama ini diketahui sebagai artis senior yang kerap berakting di film atau serial laga. Bahkan sejumlah karyanya, salah satunya sinetron 7 Manusia Harimau yang tayang di RCTI, menjadi tayangan hiburan terpopuler di Tanah Air.

Siapa sangka, ternyata Willy Dozan adalah seorang mualaf. Dia dahulu penganut yang taat di agama sebelumnya. Tapi atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala, Willy mendapat hidayah kemudian memutuskan memeluk agama Islam.

Baca juga: Temukan Alquran di Koper, Gadis Cantik Anak Pemuka Agama Ini Mantap Jadi Mualaf 

Kisah mualaf Willy Dozan. (Foto: Instagram @willydozan777)

Willy Dozan mengatakan awal mula mengenal ajaran agama Islam ketika usianya masih belia. Saat itu ia tinggal di Magelang, Jawa Tengah. Lingkungan sekitarnya mayoritas Muslim, bahkan Willy kecil juga sering ikut ke masjid, padahal saat itu masih non-Muslim.

Pada awal tahun 1980-an, Willy Dozan sempat tinggal di luar negeri yaitu Hong Kong, Jepang, Taiwan, dan Amerika Serikat. Kebiasaan teman-temannya saat itu mengonsumsi daging babi.

Ketika hidangan daging babi disajikan, Willy malah tidak makan. Ia mengatakan bahwa sejak dulu memang tidak suka makan babi. Melihat Willy tidak menyantap makanan tersebut, teman-temannya mengira ia adalah seorang Muslim.

Baca juga: Kisah Mualaf Adam Suseno Suami Inul Daratista, Belajar Sholat Usai Dengar Ceramah KH Zainuddin MZ 

Kemudian pada tahun 1988, saat usianya 31 tahun, kala itu dirinya bermain dalam sebuah film laga berjudul 'Pernikahan Berdarah'. Mantan suami Betharia Sonata ini berperan sebagai pendekar keluaran pesantren.

"Waktu itu saya masih Nasrani. Cuma saya berperan sebagai pendekar yang keluaran pesantren dan harus bisa mengaji, dan mengucapkan dua kalimat syahadat," ujar Willy Dozan saat dihubungi MNC Portal, Selasa 7 Desember 2021.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejak itulah Willy Dozan belajar mengucapkan syahadat. Namun menariknya, ia cepat belajar. Dirinya hafal dua kalimat syahadat dan pelafalannya pun tepat.

Ketika belajar membaca dan menghafalkan syahadat, Willy Dozan dibimbing oleh teman mainnya di film tersebut yaitu Raja Ema, aktris asal Malaysia.

Baca juga: Masya Allah, Habib Husein Ungkap Jenderal Dudung Pernah Bantu 150 Orang Jadi Mualaf 

"Sampai ada sutradara dari Malaysia enggak percaya, karena saya bukan Muslim, tapi lancar syahadat," ungkapnya.

Berbagai faktor membuat Willy akhirnya yakin Islam adalah jalan yang benar. Sebab selama hidupnya, dia kerap berhubungan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ajaran agama Islam. Mulai dari lingkungan saat kecil, peran dalam film, hingga penolakannya memakan babi.

"Alhamdulillah mungkin saat itu hidayah buat saya," terang Willy Dozan.

Baca juga: Bule Cantik Ini Jadi Mualaf Usai Sadar Tuhan Itu Satu, Tidak Miliki Anak 

Ia mengaku saat menjadi mualaf cukup banyak keinginan dan harapannya yang dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebelumnya ia tidak pernah merasakan hal luar biasa seperti ini.

"Jadi saya merasa nyaman ada di lingkungan Muslim. Hangat dan tidak ada kesombongan. Waktu saya bukan Muslim budaya saya merasa angkuh," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini