Share

Kisah Mualaf Virgoun, Berawal Ditantang Kakak Ipar hingga Takjub dengan Surah Al Baqarah

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 621 2513749 kisah-mualaf-virgoun-berawal-ditantang-kakak-ipar-hingga-takjub-dengan-surah-al-baqarah-iSKvq6aUEc.jpg Kisah mualaf Virgoun. (Foto: Instagram @virgoun_)
A A A

KISAH mualaf Virgoun, mantan vokalis band rock, sangat berliku dan menarik diketahui. Ia mantap memeluk agama Islam pada tahun 2013 lalu.

Perjalanannya menjadi mualaf terbilang unik karena sejumlah kejadian melandasinya. Dimulai "ditantang" sang kakak ipar hingga terpesona mukjizat ayat-ayat suci Alqur’an yang tetap terjaga keasliannya sepanjang zaman.

Baca juga: Kisah Mualaf Willy Dozan, Dapat Hidayah Islam saat Jadi Pendekar Santri 

Kisah mualaf Virgoun. (Foto: Instagram)

Pelantun single hits ‘Surat Cinta untuk Starla’ ini awalnya menjalin cinta beda agama dengan sosok wanita yang kini menjadi istrinya yakni Inara Idola Rusli. Kakak Inara lantas bertanya apakah Virgoun benar-benar serius kepada adiknya, mengingat mereka memliki keyakinan berbeda.

"(Katanya) lu kalau mau jalan sama ade gue, lu serius nih? Gue bukan mau ngomong baiknya ya, gue mau mau ngomong pahitnya aja. Kalau sampai sewaktu-waktu lu ternyata jodohnya sama ade gue, lu gimana? Terus makin lama gue ngobrol sama dia, dia bikin bet (taruhan) gitu," ungkap Virgoun saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube ‘The Leonardos’ milik Onadio Leonardo.

"Dia kayak nantangin gue gitu, 'Lu mau enggak belajar agama sama gue?' Kalau dalam waktu singkat lu enggak masuk agama gue, gue yang masuk agama lu'," lanjut Virgoun, seperti dikutip MNC Portal, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Kisah Mualaf Adam Suseno Suami Inul Daratista, Belajar Sholat Usai Dengar Ceramah KH Zainuddin MZ 

Virgoun saat itu lantas menerima tantangan sang kakak ipar. Ia menempatkan dirinya sebagai pribadi yang baru dan berusaha menerima pengetahuan baru. Bahkan, dirinya diajak bertemu dengan sejumlah tokoh agama.

Selang beberapa bulan kemudian setelah melewati pergolakan keyakinan, Virgoun akhirnya mendapat hidayah tentang kebenaran ajaran agama Islam. Hal ini setelah dia juga mempelajari kitab suci Alquran dan merasa takjub dengan kandungannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pria yang memiliki nama lengkap Virgoun Tambunan itu mengaku sebagai sosok yang skeptis terhadap sesuatu hal. Sampai suatu saat ia mempelajari Alquran dan membaca salah satu ayat dari Surah Al Baqarah membuatnya tertegun.

"Saya menemukan bahwa kenapa Alquran sampai saat ini bisa match dengan kehidupan kita, padahal itu sudah turun 1.400 tahun lalu, di mana banyak kultur berubah, cara pandang manusia berubah, teknologi berubah, tapi (isi Alquran) tetap selaras dengan kehidupan manusia," katanya saat diwawancarai di kanal YouTube Zayan My.

Baca juga: Masya Allah, Habib Husein Ungkap Jenderal Dudung Pernah Bantu 150 Orang Jadi Mualaf 

"Di situ tertulis, jika Kami menggantikan suatu ayat maka Kami akan menggantikan dengan yang seimbang atau lebih baik. Jadi kenapa bisa terus upgrade karena Allah sendiri yang upgrade," lanjut Virgoun yang takjub merujuk terjemahan Surah Al Baqarah Ayat 106.

Akhirnya Virgoun memutuskan memeluk agama Islam dengan pengucapan dua kalimat syahadat yang dipandu oleh ulama kenamaan Tanah Air yakni mendiang Syekh Ali Jaber.

Baca juga: Kisah Mualaf Christian Sugiono, Kini Rajin Ajarkan Anak Sholat 

Kini pria yang juga sempat menjadi vokalis dari grup band Last Child itu mengaku terus mempelajari agama Islam. Ia juga mengalami beberapa perubahan besar dalam hidupnya, mulai tutur kata hingga perilakunya yang lebih sopan. Kemudian menjauhi dunia malam yang dekat dengan alkohol dan narkoba.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini