Share

Ini Waktu Sholat Paling Besar Pahalanya, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Alasannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 330 2514229 ini-waktu-sholat-paling-besar-pahalanya-ustadz-khalid-basalamah-ungkap-sebabnya-9dsZzHrvq1.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan waktu sholat paling besar pahalanya. (Foto: Dok YouTube Cahaya Islami)
A A A

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan sholat merupakan salah satu kewajiban yang harus dikerjakan kaum Muslimin. Bagi umat Islam yang tidak pernah meninggalkan sholat maka Allah Subhanahu wa ta'ala menjamin surga hingga banyak keberkahan lainnya.

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, dari lima waktu sholat yang diwajibkan, ada satu yang paling utama yaitu Sholat Ashar.

Baca juga: Mengerikan! 10 Kejadian Besar Bakal Terjadi Sebelum Kiamat 

Sholat. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

"Sholat yang paling afdhal adalah Sholat Ashar. Paling besar pahalanya," ungkap Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari kanal YouTube Menara Islam, Kamis (9/12/2021).

Ia melanjutkan, tingkatan berikutnya yaitu Sholat Subuh dan Isya. Setelah itu Sholat Zuhur dan Magrib. Akan tetapi bukan berarti sholat selain Ashar adalah sia-sia, semuanya diwajibkan serta terdapat pahala besar di dalamnya.

Baca juga: Bolehkah Langsung Tidur Usai Berhubungan Suami Istri? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

Artinya: "Periharalah semua sholatmu, dan (peliharalah) sholat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyuk." (QS Al Baqarah: 238)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tapi jika meninggalkan Sholat Ashar, maka gugurlah semua amalan-amalan terbaiknya. Perbuatan sebaik apa pun apabila meninggalkan Sholat Ashar, maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan gugurkan semuanya.

Baca juga: Apa Manfaat Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

Abu Darda radhiyallahu ‘anhu juga pernah menyatakan hadis yang semisal denganya dalam riwayat Imam Ahmad. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ مُتَعَمِّدًا حَتَّى تَفُوتَهُ فَقَدْ أُحْبِطَ عَمَلُهُ”

Artinya: "Barang siapa meninggalkan sholat ashar hingga keluar waktunya, maka amalannya telah gugur." (HR Ahmad 27.492 dan dishahihkan oleh Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Targhib nomor hadis 479)

Baca juga: Hukum Masturbasi dalam Islam, Haram atau Boleh? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

Sementara itu, lanjut Ustadz Khalid Basalamah, apabila melakukan Sholat Subuh dan Isya berjamaah, maka pahalanya seperti menghidupkan setengah malam tanpa istirahat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini