Share

Alquran dan Sains: Ada 3 Kegelapan di Dalam Perut Ibu Hamil, Apa Itu?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 614 2514523 alquran-dan-sains-ada-3-kegelapan-di-dalam-perut-ibu-hamil-apa-itu-kR3aCe2HjY.jpg Ilustrasi Alquran dan sains membahas ada tiga kegelapan di perut ibu hamil. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini membahas tiga jenis kegelapan yang ada di dalam perut ibu hamil. Kegelapan tersebut sebagaimana diungkapkan dalam dirman Allah Subhanahu wa ta'ala di ayat-ayat suci Alquran:

خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ الْأَنْعَامِ ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ ۚ يَخْلُقُكُمْ فِي بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ خَلْقًا مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلَاثٍ ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُصْرَفُونَ

Artinya: "Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya istrinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" (QS Az-Zumar: 6)

Baca juga: Dilarang Buang Air Sembarangan, Alquran dan Sains Ungkap Penyakit yang Bisa Timbul 

Ilustrasi perut ibu hamil. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ternyata Telah Lama Ungkap Fungsi Gunung 

"Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan." (QS Az-Zumar: 6)

Ayat Alquran atau Kalamullah tersebut menyatakan kalimat tiga kegelapan. Tidak semua orang memahami makna yang sebenarnya. Lalu apa yang dimaksud dengan tiga kegelapan?

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, menurut para mufasir, tiga kegelapan itu adalah kegelapan perut, kegelapan rahim, dan kegelapan tali ari-ari (plasenta).

Ungkapan ini ada dalam Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Al-Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Adh-Dhilal, dan Shafwat al-Bayan lima’ani Alquran.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lantas, apa yang dikatakan para dokter? Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa tiga kegelapan itu ialah tiga selaput: amnion, korion, dan selaput decidua. Sementara para ahli yang lain berpendapat: perut, rahim, serta selaput amnion.

Lebih lanjut, apabila ditelaah secara ilmiah pendapat para mufasir tersebut, menurut mereka kegelapan pertama ialah kegelapan perut. Ini memang benar-benar kegelapan, karena rongga perut relatif gelap.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ungkap Gunung Selalu Bergerak Dinamis 

Kemudian kegelapan kedua ialah rahim. Ternyata di dalam rahim juga benar-benar gelap, khususnya pada fase penciptaan sebelum dindingnya menipis dan mengalami pembaruan.

Bayangkan dua kegelapan tersebut, kira-kira cahaya apa yang bisa masuk ke keduanya? Secara ilmiah tidak ada, kecuali jika sejenis sinar halus atau sisa-sisa cahaya yang terhenti di selaput. Selaput korion amat gelap, sedangkan selaput decidua hanyalah sisa-sisa tak bernilai yang ada di sekitar zigot.

Baca juga: Alquran dan Sains: Keluarnya Belalang dari Dalam Tanah Dikiaskan sebagai Hari Kebangkitan 

Adapun kegelapan yang ketiga adalah selaput amnion. Selaput ini sangat transparan. Selaput ini tidak mungkin mengisi rongga oval secara keseluruhan dan tempatnya masih jauh dari selaput korion.

Saat para mufasir mengucapkan istilah "tali ari-ari", maksud mereka adalah selaput-selaput, terutama plasenta sebagai segumpal daging yang belum terbentuk dan masih berupa selaput korion yang diliputi oleh bulu-bulu halus.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini