Share

Erupsi Gunung Semeru, Ini Doa agar Selamat dari Bencana Alam, Lengkap Latin dan Artinya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 618 2514268 erupsi-gunung-semeru-ini-doa-agar-selamat-dari-bencana-alam-lengkap-latin-dan-artinya-qftbJs1MuK.jpg Gunung Semeru. (Foto: Dok Okezone)
A A A

PADA Sabtu 4 Desember 2021 lalu terjadi musibah bencana alam erupsi Gunung Semeru. Sejumlah warga yang berada di kaki gunung berapi setinggi 3.676 MDPL di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, itu pun menjadi korban jiwa. Kemudian semua harta benda juga luluh lantak.

Gunung Semeru meletus dengan mengeluarkan material-material panas berupa awan, lahar, bebatuan, hingga abu vulkanis. Kerusakan pun tidak bisa dihindarkan.

Baca juga: Viral Masjid Tetap Utuh meski Diterjang Erupsi Semeru, Netizen: Bukan Main Rumah Allah Ta'ala 

Baca juga: Ini Waktu Sholat Paling Besar Pahalanya, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Alasannya 

Sebagai umat Islam, harus sabar dan tawakal menghadapi cobaan berat dari Allah Subhanahu wa ta'ala ini. Langkah yang bisa dilakukan salah satunya terus memanjatkan doa keselamatan kepada Allah Ta'ala.

Diketahui bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengajarkan umatnya untuk tetap berdoa walaupun dalam keadaan sangat susah. Dengan membaca doa, Allah Subhanahu wa ta'ala akan menjauhkan hamba-Nya dari bencana alam, termasuk gunung meletus.

Baca juga: Hati-Hati jika Temukan Uang di Jalan, Ustadz Adi Hidayat Sarankan Lakukan Ini 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dikutip dari buku 'Kitab Induk Doa dan Dzikir Terlengkap' karya Nasrullah dan Tim Shahih, berikut doa yang dibaca Nabi Nuh Alaihissallam dalam memohon keputusan, pertolongan, dan keselamatan kepada Allah Azza wa Jalla:

رَبِّ إِنَّ قَوْمِى كَذَّبُونِ. فَٱفْتَحْ بَيْنِى وَبَيْنَهُمْ فَتْحًا وَنَجِّنِى وَمَن مَّعِىَ مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Rabbi 'inna qawmii kadz-dzabuun. Faftah baynii wa baynahum fathan wa najjinii wa mam-ma'iya minal mu'miniina

Artinya: "Nuh berkata: Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah mendustakanku. Oleh karena itu, berikanlah suatu keputusan antaraku dan antara mereka, serta selamatkanlah aku dan orang-orang yang beriman yang bersamaku." (QS Asy-Syu'araa' [26]: 117–118)

Baca juga: Habib Ini Ungkap Meninggalnya Vanessa Angel Husnulkhatimah, Simak Penjelasannya 

Kemudian terdapat juga doa memohon perlindungan dari bencana atau musibah:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allahumma inni a'udzubika minal hadmi wa a'udzubika minat taraddi wa a'udzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a'udzubika an yatakhabbathanisy syaithanu ‘indal maut wa ‘audzubika an amuta fi sabilika mudbiran wa a'udzubika an amuta ladighan

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan, dan aku berlindung kepada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung kepada-Mu apabila setan menjerumuskan kepadaku ketika akan mati, dan aku berlindung kepada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung kepada-Mu apabila mati karena disengat." (HR Abu Dawud)

Wallahu a'lam bishwab.

Baca juga: 7 Sebab Musibah Datang Bertubi-tubi, Ustadz Arifin Ilham Pernah Menjelaskannya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini