Share

Surah Al Kahfi, Ini Keistimewaannya Diamalkan Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 330 2514809 surah-al-kahfi-ini-keistimewaannya-diamalkan-setiap-jumat-buka-di-alquran-digital-okezone-wQTh7dU2Rk.jpg Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat berkah, bisa di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

SURAH Al Kahfi hendaknya selalu diamalkan setiap hari Jumat. Raih keistimewaan besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Selengkapnya bisa dibuka di Alquran Digital Okezone.

Diketahui bahwa Surah Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Al Kahfi adalah surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Surah ini berisi 110 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika berada di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Jumat 10 Desember 2021M/5 Jumadil Awal 1443H 

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Adapun membaca Surah Al Kahfi mulai malam Jumat hingga hari Jumat sore keesokannya memberikan keistimewaan besar bagi umat Islam. Dapat disinari cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala antara si pembaca dengan Kakbah.

Dikutip dari laman Rumaysho, Jumat (10/12/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc memaparkan bahwa tuntunan membaca Surah Al Kahfi setiap malam Jumat berdasarkan hadis sahih Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Jumat 10 Desember 2021M/5 Jumadil Awal 1443H 

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Baca juga: Abu Nawas Umumkan Benci Haq dan Suka Fitnah, tapi Bikin Khalifah Tertawa, Kok Bisa? 

Lalu dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ingin Diringankan Ujian di Dunia? Amalkan Doa Nabi Yunus Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini