Share

6 Amalan yang Bisa Menolong Orangtua di Akhirat, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Keutamaannya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 330 2514835 6-amalan-yang-bisa-menolong-orangtua-di-akhirat-ustadz-abdul-somad-jelaskan-keutamaannya-0cLeLczruy.jpeg Ustadz Abdul Somad. (Foto: Instagram @ustadzabdulsomad_official)
A A A

USTADZ Abdul Somad (UAS) menjelaskan bahwa berbakti kepada orangtua tidak hanya saat masih ada di dunia, tetapi juga ketika ibu maupun ayah telah berpulang ke pangkuan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ada beberapa amalan yang masih bisa dikerjakan agar orangtua selamat di akhirat. Berikut ini merupakan enam di antaranya menurut Ustadz Abdul Somad.

Baca juga: Yuk Kerjakan Sunah-Sunah di Hari Jumat Ini, Nomor 3 Bikin Penampilan Makin Rapi 

1. Doa

Amalan pertama adalah berdoa untuk memohon ampun atas dosa yang mungkin pernah diperbuat orangtua. Selain itu, doakan juga agar orangtua dimasukan ke surga-Nya.

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mengasihi aku sewaktu masih kecil."

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Ustadz Abdul Somad mengatakan jika doa-doa tersebut diartikan ke dalam bahasa Indonsia maka akan berbunyi, "Ya Allah jauhkan ibuku dari neraka jahanam, berikan ia kebaikan, jadikan kuburnya dari salah satu taman surgamu. Jangan jadikan kuburnya satu lubang nerakamu. Berikan ia ketenangan, ampunkan segala dosanya Ya Allah."

Baca juga: Surah Al Kahfi, Ini Keistimewaannya Diamalkan Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone 

2. Membaca ayat-ayat suci Alquran

Jangan malas membaca ayat-ayat suci Alquran. Niatkan khatam Alquran untuk orangtua yang sudah wafat.

"Yang paling afdhal dibaca khatam Quran untuk almarhumah ibu, hadiahkan pahala Quran satu khatam," ujar UAS, seperti dikutip dari kanal YouTube Taman Surga.Net, Jumat (10/12/2021).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Sedekah

Lakukanlah sedekah agar pahalanya bisa sampai kepada orangtua di akhirat. Hal ini juga sesuai dengan anjuran dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Sedekahkan sesuatu yang berguna untuk masyarakat sekitar.

Baca juga: Alquran Surah Al Maidah Ayat 1-120 Lengkap Terjemahan Latin Beserta Artinya 

4. Kurban

Saat hari raya Qurban atau Idul Adha, berkurbanlah atas nama orangtua yang telah wafat.

5. Haji

Jika orangtua semasa hidup belum sempat menunaikan ibadah haji. Lakukanlah badal haji untuk orangtua. Badal haji sendiri berarti ibadah haji yang dilaksanakan atas nama orang lain.

Baca juga: Penghuni Surga Dapat Kenikmatan Hubungan Intim, Ustadz Khalid Basalamah: Diberi Kekuatan 100 Lelaki 

6. Puasa

Utang puasa harus dibayar tuntas. Sebagai anak, kalau semasa hidup orangtua masih memiliki utang puasa, harus segera dibayarkan.

Begitulah enam amalan yang insya Allah mampu membantu ayah atau ibu yang telah dipanggil lebih dulu oleh-Nya. Semoga dengan amalan ini para orangtua yang sudah meninggal dapat dimasukkan ke dalam surga Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini