Share

Suami Sering Menunda Sholat? Istri Bisa Terapkan 2 Solusi Ini Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 330 2514876 suami-sering-menunda-sholat-istri-bisa-terapkan-2-solusi-ini-menurut-ustadz-khalid-basalamah-iGeMZgO0JT.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: YouTube Khalid Ammar TV)
A A A

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan sholat lima waktu merupakan amal salih menjadi kewajiban setiap Muslim. Sangat baik jika dikerjakan berjamaah di masjid dengan tepat waktu. Ada pahala berlipat ganda yang akan diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dijelaskan dalam riwayat dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pada suatu malam mengakhirkan Sholat Isya sampai tengah malam. Kemudian beliau menghadap kami setelah sholat, lalu bersabda:

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: "Sholat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR Bukhari Nomor 645 dan Muslim 650)

Baca juga: Ini Waktu Sholat Paling Besar Pahalanya, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Alasannya 

Maka itu, akan lebih baik lagi jika waktu sholat tiba, segera mengerjakannya tanpa ditunda terlebih dahulu. Apalagi untuk seorang imam atau suami, sudah seharusnya menjadi contoh bagi istri dan anaknya dalam hal ibadah.

Ustadz Khalid Basalamah pun membagikan dua cara untuk para istri yang suaminya kerap menunda ibadah sholat. Istri harus berperan aktif dalam menghadapi situasi seperti ini demi kebaikan suami.

Baca juga: Mengerikan! 10 Kejadian Besar Bakal Terjadi Sebelum Kiamat 

1. Doa

Cara pertama menurut Ustadz Khalid Basalamah adalah mendoakan dengan tulis. Ia menyarankan agar para istri berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar suaminya diberi hidayah. Doakanlah suami di waktu-waktu yang mustajan seperti jeda antara adzan dan iqomah, ketika turun hujan, serta sepertiga malam.

"Asal Anda tulus, insya Allah, Allah Subhanahu wa ta'ala akan berikan petunjuk," ujar Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari kanal YouTube-nya , Jumat (10/12/2021).

Ia mengatakan, senjata mukmin yang paling kuat adalah doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Nasihat dan ajakan di waktu tepat

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan jangan diam ketika menyadari bahwa suami menunda sholat, berikanlah nasihat. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan nasihat kepada suami, ayah, paman, saudara laki-laki, maupun anak laki-laki. Apa itu? Tidak menggurui mereka.

Jika istri menasihati dengan kasar dan menggurui, suami kemungkinan mempertahankan egonya. Alhasil, nasihat yang diberikan tidak akan didengar, apalagi dilakukan.

Baca juga: Penghuni Surga Dapat Kenikmatan Hubungan Intim, Ustadz Khalid Basalamah: Diberi Kekuatan 100 Lelaki 

Cobalah untuk menasihati atau bahkan mengajak sholat tepat waktu di saat suami hatinya sedang tenang atau gembira.

"Selepas jalan atau rekreasi sama-sama. Mungkin dalam kondisi jiwanya lagi gembira. Dari situ bisa Anda berikan masukan," ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Dirinya pun menyarankan agar para istri coba mengajak suaminya sholat tepat waktu dan minta untuk diimami. Kemudian setelah selesai sholat, tunjukan rasa gembira karena suami telah sholat tepat waktu bersama Anda. Dengan nasihat atau ajakan yang lemah lembut, insya Allah suami akan luluh.

Baca juga: Bolehkah Langsung Tidur Usai Berhubungan Suami Istri? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, kelemahlembutan akan membuat Anda masuk ke dalam hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Tidak ada sesuatu yang dihiasi dengan kelemah lembutan, kecuali untuk memperindahnya. Dan tidak ada sesuatu yang diangkat darinya, kelemahlembutan itu, kecuali akan merusaknya."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini