Share

Viral Habib Muhdlor Selamat dari Erupsi Semeru Setelah Diusir Warga, Ini Faktanya

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 614 2515084 viral-habib-muhdlor-selamat-dari-erupsi-semeru-setelah-diusir-warga-ini-faktanya-keL7WMytjk.jpg Viral Habib Muhdlor selamat dari erupsi Gunung Semeru. (Foto: YouTube YT Drive)
A A A

BEREDAR sebuah kabar viral di linimasa media sosial yang menyebutkan Habib Muhdlor bin Ali Al Muhdlor selamat dari musibah bencana alam erupsi Gunung Semeru. Kala itu ia sedang pergi dari rumahnya di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dikabarkan bahwa perginya Habib Muhdlor karena diminta pergi dari kediamannya yang merupakan rumah wakaf pemberian salah satu warga desa. Habib Muhdor yang merupakan tokoh masyarakat dan guru mengaji setempat diminta pergi oleh salah seorang anak pemilik rumah pada tiga hari sebelum erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Viral Jamaah Masjid Mirip Cristiano Ronaldo Lagi Ngaji, Netizen: Masya Allah Lebih Ganteng 

Hal tersebut diceritakan oleh salah satu ulama yang berasal dari Sampang, Madura, yaitu KH Imam Mu'ti. Namun sayangnya, ternyata berita ini tidak sepenuhnya benar alias keliru.

Sebelumnya di tengah agenda Komisi III DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Aliansi Ulama Madura (Auma), Selasa 7 Desember 2021, KH Imam Mu’ti menceritakan Habib Muhdlor bin Ali Al Muhdlor selamat dari erupsi Gunung Semeru setelah diusir tepat tiga hari sebelum musibah tersebut.

Baca juga: Wali Kota Bandung Meninggal Sebelum Sholat Jumat, Ini Keistimewaan Wafat di Hari Jumat 

"Habib menempati rumah wakaf pemberian salah satu warga yang sekarang sudah meninggal, namun salah satu anaknya mengusir habib, dan keluarganya yang tidak punya tempat tinggal," papar KH Imam Mu’ti dalam rapat bersama Komisi III DPR, seperti dikutip dari kanal YouTube YT Drive, Jumat (10/12/2021).

Lebih lanjut lagi ia menjelaskan bahwa Habib Muhdor diusir oleh 40 warga desa. Kemudian belum ditemukan setelah insiden meletusnya Gunung Semeru.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun kemudian muncul video klarifikasi di media sosial yang menyatakan bahwa cerita tersebut merupakan hal yang keliru. Dalam video ini Habib Muhdlor bin Ali Al Muhdlor bersama seorang pria yang menggunakan pakaian hitam membeberkan cerita yang sebenarnya.

"Terkait pemberitaan masalah Habib diusir oleh warga itu tidak benar adanya, dan juga terkait masalah warga 40 orang yang mengusir Habib yang menghilang tersebut itu hoaks, tidak benar," ujar pria berpakaian hitam tersebut.

Baca juga: Suami Sering Menunda Sholat? Istri Bisa Terapkan 2 Solusi Ini Menurut Ustadz Khalid Basalamah 

Pria itu juga mengakui Habib sempat berselisih pendapat dengan keluarga, dibantu warga untuk mediasi, namun tidak menemukan titik terang.

Habib Muhdlor bin Ali Al Muhdlor juga menjelaskan meninggalkan rumah tersebut secara suka rela, tidak ada paksaan dari keluarga maupun warga sekitar. Saat ini Habib telah tinggal bersama keluarganya.

Baca juga: 6 Amalan yang Bisa Menolong Orangtua di Akhirat, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Keutamaannya 

Pria berpakaian hitam itu pun memohon kepada publik agar tidak ada penggiringan opini di tengah musibah meletusnya Gunung Semeru.

Baca juga: Surah Al Kahfi, Ini Keistimewaannya Diamalkan Setiap Jumat, Buka di Alquran Digital Okezone 

"Jadi permasalahan Habib ini tolong jangan dikait-kaitkan dengan musibah tersebut. Musibah ini murni peringatan dari Allah Subhanahu wa ta'ala, dan saat ini alhamdulillah Habib sedang sehat-sehat saja," tutupnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Penghuni Surga Dapat Kenikmatan Hubungan Intim, Ustadz Khalid Basalamah: Diberi Kekuatan 100 Lelaki 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini