Share

Raja Salman Serukan Sholat Istisqa di Seluruh Wilayah Arab Saudi

Hantoro, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 614 2516310 raja-salman-serukan-sholat-istisqa-di-seluruh-wilayah-arab-saudi-9en6ZJPI8W.jpg Raja Salman ajak melaksanakan sholat istisqa di seluruh wilayah Arab Saudi. (Foto: Dok Saudigazette)
A A A

PENJAGA Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pada hari Jumat lalu menyerukan rakyat Arab Saudi melakukan sholat istisqa atau meminta hujan. Sholat sunah tersebut diimbau dilakukan di seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi pada hari Senin hari ini waktu setempat.

Dikutip dari laman Saudigazette, Senin (13/12/2021), pernyataan resmi Kerajaan Arab Saudi ini telah dikeluarkan untuk melaksanakan sholat istisqa. Ini merupakan ibadah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam untuk melakukan minta hujan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 13 Desember 2021M/8 Jumadil Awal 1443H 

Di dalam pernayataan resmi tersebut juga berisi imbauan agar semua orang bertobat, memohon ampun, dan kembali kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian ada ajakan untuk meningkatkan ketaatan seperti membantu sesama manusia, memperbanyak sedekah, berdoa, mengingat Allah Ta'ala.

Kementerian Urusan Agama Islam Arab Saudi juga telah menetapkan waktu sholat yaitu 15 menit setelah matahari terbit di semua wilayah Kerajaan. Lalu tetap menerapkan tindakan pencegahan covid-19.

Baca juga: Hukum Azan dan Iqamah jika Sholat Sendirian, Wajibkah? 

Adapun tata cara pelaksanaan sholat istisqa adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari laman Muslim.or.id.

- Rakaat pertama melakukan takbir sebanyak tujuh kali, dan selanjutnya sebagaimana sholat id dengan rukuk dan sujud dua kali.

- Rakaat kedua takbir lima kali, kemudian sama seperti rakaat pertama dan diakhiri salam, seperti halnya sholat id.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Waktu Pelaksanaan Sholat Istisqa

Dinukil dari laman Konsultasisyariah, dalam Al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Muyasarah dinyatakan:

وتُصلّى في أي وقت خلا وقت الكراهة

"Shalat istisqa dilakukan di waktu kapan pun, selain waktu terlarang (untuk sholat)." (Al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Muyasarah, 2:177)

Baca juga: Kisah Mualaf Frederic Kanoute, Mantan Striker Sevilla yang Sisihkan Gaji Rp10 Miliar untuk Beli Masjid 

Tempat Pelaksanaan Sholat Istisqa

Sholat istisqa dilakukan di tanah lapang, sebagaimana sholat id, kecuali di Makkah, dilakukan di Masjidil Haram. Abdullah bin Zaid radhiallahu ‘anhu mengatakan:

أنَّ النّبيّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – خرج إِلى المصلّى فاستسقى، فاستقبل القبلة وقلب رداءه

"Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam keluar menuju tanah lapang kemudian sholat istisqa, beliau menghadap kiblat dan membalik kain pakaian atasan beliau." (HR Bukhari Nomor 1012 dan Muslim 894)

Baca juga: Cerita Tukang Sihir Firaun Takut dengan Ular Nabi Musa, Langsung Sujud dan Beriman kepada Allah Ta'ala 

Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu mengatakan:

خرج رسول الله – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – للاستسقاء متذلّلاً متواضعاً متخشعاً متضرّعاً

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam keluar menuju sholat istisqa dengan tunduk, tawadhu, khusyuk, dan penuh perendahan diri (kepada Allah)." (HR Abu Daud 1032, Turmudzi 459, Nasai 1416, dan dishahikan Al-Albani)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini