Share

5 Pantai Eksotis di Larantuka Flores Timur, Pusat Gempa M 7,4 yang Berpotensi Tsunami

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 408 2517035 5-pantai-eksotis-di-larantuka-flores-timur-pusat-gempa-m-7-4-yang-berpotensi-tsunami-05MDhjNVPk.jpg Pantai Watohari, Flores Timur (Foto flickr.com)

PULAU Flores di Nusa Tenggara Timur diguncang gempa bermagnitudo 7,4 pada, Selasa (14/12/2021) siang dan berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Tapi, dua jam kemudian BMKG mencabut peringatan dini tersebut.

Warga di Larantuka sangat keras merasakan guncangan, karena pusat gempa gempa sekira 113 kilometer arah barat laut dari , Ibu Kota Kabupaten Flores Timur. Mereka panik menyelamatkan diri dari ancaman tsunami. Larantuka berada di pesisir dan pernah disapu tsunami pada 1992.

Larantuka merupakan tujuan wisata rohani bagi umat Katolik. Kota ini juga punya banyak pantai eksotis yang bisa jadi destinasi liburan menyenangkan. Keindahan alamnya yang masih asri, dapat dieksplor turis lokal maupun internasional.

 Baca juga: Lingko Meler, Sawah Berbentuk Jaring Laba-Laba di Flores yang Mendunia

Enggak heran, kalau 5 pantai eksotis di Larantuka ini diburu banyak pengunjung. Pemandangannya yang indah membuat deretan pantai ini wajib Anda datangi bila berwisata ke Flores!

1. Pantai Kawaliwu

Apakah Anda penyuka sunset? Datanglah ke Pantai Kawaliwu jika ingin berburu panorama matahari terbenam di ujung timur Flores.

ilustrasi

Pantai Kawaliwu (florestimurkab.go.id)

Pantai ini menyuguhkan pemandangan alam yang elok, mulai dari hamparan pasir hitam, sampai deburan ombak yang tenang. Pepohonan kelapa berjejer di sepanjang pinggir pantai untuk menambah keasrian.

Anda juga dapat menemukan bebatuan berukuran besar, serta air panas alami. View khas masyarakat lokal bisa dinikmati setiap sore.

2. Pantai Pasir Putih Weri

Meski tidak begitu booming, Pantai Pasir Putih Weri memiliki keindahan alam yang tidak ada habisnya bila dibahas.

 Baca juga: Liburan ke Flores, Traveler Harus Coba Moke

Indahnya hamparan pasir putih dan air laut yang jernih akan menyegarkan pikiran Anda. Latar belakang pantai ini tak kalah spektakuler. Anda bisa menikmati pemandangan gugusan gunung dan Pulau Adonara di tepi pantai.

 

3. Pantai Watotena

Jangan lewati salah satu spot wisata di larantuka ini. Pantai Watotena merupakan destinasi populer yang ada di Flores Timur.

Terletak di Desa Nelerereng, Kecamatan Ileboleng, pantai ini menyimpan pesona hamparan pasir putih dan gumpalan magma unik dengan beraneka bentuk.

Pemandangan Gunung Ile Boleng menambah pesona Pantai Watotena. Ada juga view Pulau Lembata dan Solor yang bisa dilihat dari kejauhan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Pantai Oa

Pantai Oa bisa jadi referensi liburan Anda ketika sampai di Flores Timur. Anda bebas foto-foto dengan background pemandangan air laut yang biru.

Berada sekitar 50 km dari Kota Larantuka, Pantai Oa cukup populer di media sosial.

Anda bisa menyaksikan sunrise terbaik di antara Pulau Adonara dan Pulau Solor. Panorama matahari terbenam juga sayang untuk dilewati.

 ilustrasi

Bila tertarik, datang saja ke Desa Pantai Oa, Wulanggitang, Flores Timur.

5. Pantai Watohari

Pantai legendaris lainnya yang berlokasi di Flores Timur adalah Pantai Watohari. Pantai berpasir putih sepanjang 500 meter ini mempunyai pemandangan yang keren.

Uniknya, ada dua batu hitam yang konon berasal dari sepasang kakak beradik. Dua orang itu muncul dari laut di malam hari dan berubah wujud menjadi batu karena terkejut mendengar suara kokok ayam jantan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini