Share

Kisah Menyentuh Rasulullah yang Berakhlak Mulia Mengenakan Pakaian Lusuh

Nandha Aprilia, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 614 2516674 kisah-menyentuh-rasulullah-yang-berakhlak-mulia-mengenakan-pakaian-lusuh-njJHocwtUD.jpg Ilustrasi kisah mengharukan pakaian lusuh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

RASULULLAH Shallallahu alaihi wassallam dikenal sebagai manusia sempurna yang memiliki watak mulia. Namun, Nabi Muhammad menjalani kehidupannya dengan penuh kesederhanaan.

Seperti halnya dalam kisah satu ini, perihal pakaian yang dikenakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Diceritakan oleh Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA bahwa Rasulullah miliki sebuah kisah mengenai pakaian lusuh yang dikenakan.

Baca juga: Cerita Tukang Sihir Firaun Takut dengan Ular Nabi Musa, Langsung Sujud dan Beriman kepada Allah Ta'ala 

Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA. (Foto: YouTube Yufid TV)

"Dalam kitab Shahih Al Bukhari, dari hadis Sahl bin Sa'ad radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam suatu saat keluar pakai baju yang kurang indah. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kita tahu beliau adalah orang yang seadanya, terkadang Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pakai baju yang indah, kadang kurang indah. Apa yang ada, dia gunakan," ujar Ustadz Firanda Andirja, seperti dikutip dari kanal Youtube Yufid TV, Selasa (14/12/2021).

Suatu saat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bertemu dengan seorang wanita yang tampak ingin memberikan sebuah baju baru untuk dirinya. Lantas, reaksi yang diberikan Rasulullah kala itu sungguh bijak dan begitu tenang.

Baca juga: Kisah Rasulullah Lewati 7 Lapis Langit Terima Perintah Sholat, Ini yang Dialami 

"Suatu saat Rasulullah memakai pakaian yang kurang indah. Seorang wanita melihatnya dan kasihan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Maka dia pun membawa sebuah baju baru dan menawarkan kepada Nabi. 'Ya Rasulullah boleh enggak saya berikan baju ini untuk dikenakan?' Katanya, 'Iya.' Nabi mengambil baju tersebut dan dia butuh kepada baju tersebut, maka dia terima hadiah tersebut dengan senang hati," tutur Ustadz Firanda Andirja.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, selang beberapa waktu, datang seorang sahabat yang melihat betapa indahnya baju yang dikenakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Sontak, dia pun meminta kesediaan Rasulullah untuk memberikan baju tersebut kepadanya.

"Tidak lama kemudian datang seorang sahabat, 'Ya Rasulullah baju barumu indah sekali, biar saya yang pakai, buat saya.' Bayangkan, jika kita digitukan seperti apa. Rasulullah wajahnya cemberut? Tidak sama sekali, tidak ada. Tak kala sahabat ini minta baju kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, tidak ada wajah kebencian," cerita Ustadz Firanda Andirja.

Baca juga: Mukjizat Nabi Yusuf, Miliki Wajah Sangat Tampan hingga Ahli Tafsir Mimpi 

"Rasulullah kemudian melepaskan bajunya, kemudian diberikan kepada orang tersebut, padahal dia butuh baju tersebut. Rasulullah pun pergi," tambahnya.

Kendati demikian, nyatanya keinginan sahabat yang meminta baju dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tersebut begitu dalam maknanya. Hal ini dilakukan lantaran bukan karena bajunya, tapi karena keinginannya mendapatkan keberkahan dari baju yang dikenakan Rasulullah.

Baca juga: 4 Mukjizat Nabi Yakub, Salah Satunya Mampu Menakwil Mimpi 

"Saya ingin dikafani dengan baju yang dipakai Nabi Shallallahu alaihi wassallam, dan benar akhirnya dia dikafankan dengan baju tersebut. Dia bukan mau pakai baju baru, bukan. Tetapi ingin mendapatkan keberkahan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam," jelas Ustadz Firanda Andirja.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini