Share

Surah Al Kahfi Dibaca Setiap Jumat, Apa Keuntungannya? Simak di Alquran Digital Okezone

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 330 2518272 surah-al-kahfi-dibaca-setiap-jumat-apa-keuntungannya-simak-di-alquran-digital-okezone-dF2akR1gnP.jpg Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat, bisa buka di Alquran Digital Okezone. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUNTUNGAN membaca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat perlu diketahui kaum Muslimin. Bermanfaat agar lebih rajin melakukannya. Selengkapnya bisa disimak di Alquran Digital Okezone.

Surah Al Kahfi berada di urutan ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua" dan terdiri dari 110 ayat. Al Kahfi termasuk golongan surah Makkiyyah karena diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Ini Amal Salih Malam Jumat Pembuka Pintu Surga, Yuk Segera Dikerjakan 

Dihimpun dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menerangkan bahwa tuntunan membaca Surah Al Kahfi setiap malam Jumat hingga hari Jumat keesokannya berdasarkan hadis sahih Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Desember 2021 dan Keutamaannya 

Selanjutnya dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Baca juga: 20 Doa dan Zikir agar Terhindar dari Varian Omicron 

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Hijrah Egi John Foreisythe, Bermula dari Tahu Hukum Pesta Tahun Baru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini