Share

Makan Kurma Jangan Hanya saat Ramadhan, Terungkap Khasiatnya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 614 2517778 makan-kurma-jangan-hanya-saat-ramadhan-terungkap-khasiatnya-J5gVKs5iti.jpg Buah kurma jadi andalan hidangan buka puasa saat bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)
A A A

KETIKA bulan Ramadhan tiba, kaum Muslimin banyak membeli buah kurma untuk dijadikan hidangan berbuka puasa. Hal ini sebagaimana sunah dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Sebagaimana dijelaskan Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah dalam kitab Bulughul Maram hadis nomor 660:

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

"Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam, beliau bersabda: 'Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu menyucikan'."

Ibnu Hajar mengatakan hadis tersebut dikeluarkan oleh yang lima, yaitu empat kitab sunan (Ibnu Majah, Abu Daud, An Nasai, Tirmidzi) dan musnad Imam Ahmad. Hadis ini disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim.

Baca juga: Mengenal Budaya Bangsa Arab Gemar Makan Kurma hingga Roti, Ternyata Ini Alasannya 

Kurma. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Buah kurma sendiri dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, selain tembaga, selenium, magnesium, vitamin K, C, dan D.

Sayangnya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/12/2021), sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi kurma hanya saat bulan Ramadhan, dan bukan menjadi camilan sehari-hari.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kurma Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan, Ini Urutannya 

Berdasarkan survei pada Juli 2021, dari total 1.300 responden, sebanyak 47,7 persen di antaranya menyatakan memakan kurma saat Ramadhan saja; 24,8 persen seminggu terakhir; dan sisanya sebulan terakhir atau setahun terakhir.

Padahal, kurma mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Kurma juga memiliki serat yang tinggi untuk kesehatan pencernaan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Buah kurma juga kaya tembaga, selenium, magnesium, dan vitamin K yang baik untuk metabolisme tulang. Kemudian kandungan vitamin C dan D di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan serta nutrisi kulit.

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Mencabut Uban? Ini Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah 

Buah kurma ada berbagai jenis, mulai kurma ajwa yang merupakan jenis favorit Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, lalu ada kurma safawi, kurma Mesir, sukkari, madjool, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia pun tersedia banyak jenis kurma, mengingat wilayah ini merupakan negara dengan berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Gampang Marah? Baca 3 Doa Ini Supaya Hati Tenang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini