Share

Putus Sekolah, TKW Cantik Asal Madura Ini Justru Sukses Jadi Bos Camilan di Makkah

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 614 2519589 putus-sekolah-tkw-cantik-asal-madura-ini-justru-sukses-jadi-bos-camilan-di-makkah-tbFLgKso4m.jpg Kisah TKW Risma sukses jadi bos camilan di Makkah, Arab Saudi. (Foto: YouTube Faiz Slamet)
A A A

KEMBALI viral kisah sukses tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia. Kali ini dari perempuan bernama Risma. Ia menjadi orang yang sukses setelah berjualan camilan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Dari bisnis katering dan camilan, Risma bisa meraup penghasilan hingga 1 miliar real atau jika dirupiahkan lebih dari Rp3,8 triliun.

Baca juga: Kisah TKW Sukses Jadi Artis TikTok di Arab Saudi, Hasilkan Rp7 Juta dalam 3 Hari 

Kisah TKW Risma sukses jadi bos camilan di Makkah, Arab Saudi. (Foto: YouTube Faiz Slamet)

Ia menceritakan memulai bisnis camilannya ketika awal terjadi pandemi covid-19. Camilannya itu diracik sendiri oleh Risma bersama para pegawainya. Mulai dari bumbu, mengolahnya, sampai proses pengemasan serta pemasarannya ada tim tersendiri.

Ada 33 jenis camilan yang dijual Risma, di antaranya keripik pare krispi, peyek, kacang telur, sampai rengginang manis. Semua camilan tersebut ia pasok ke hampir semua toko Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Iddah, Ada Beda Antara Cerai dengan Ditinggal Wafat Suami 

Wanita cantik asal Madura, Jawa Timur, ini mengatakan memulai semua usaha tersebut secara autodidak. Tepatnya sejak ikut orangtuanya bekerja menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

"Belajar bisnis autodidak. Dari pengalaman sendiri," ungkap Risma, seperti dikutip dari kanal YouTube Faiz Slamet, Senin (20/12/2021).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ibu dari tiga anak ini mengungkapkan dirinya bukanlah seorang sarjana. Dulu ketika masih kecil, Risma putus sekolah dan melanjutkan sampai kelas 5 SD. Setelah itu ikut orangtuanya ke Arab Saudi untuk bekerja dan tinggal di sana.

"Bapak jadi sopir, ibu enggak kerja. Awal ibu ke sini, saya sudah ada usaha. Pertama, saya jualan snack, bikin kue-kue pesanan untuk acara pernikahan, di rumah-rumah," paparnya.

Baca juga: Etika Cerai dalam Pandangan Islam, Nomor 4 Terkait Menjaga Nama Baik 

Meski Risma putus sekolah, sekarang sudah menjadi pengusaha sukses. Apalagi saat musim haji dan umrah, dia selalu kebanjiran orderan, baik katering ataupun camilan.

Guna memberikan kenyamanan kepada para pegawainya, Risma sengaja menyewa apartemen khusus sebagai tempat tinggal. Ada 27 kamar, dan harga sewa per bulannya mencapai Rp500 juta.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 20 Desember 2021M/15 Jumadil Awal 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini