Share

Alquran dan Sains Ungkap Kiamat Muncul Usai Matahari Keluarkan Ciri-Ciri Dahsyat Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 614 2519728 alquran-dan-sains-ungkap-kiamat-muncul-usai-matahari-keluarkan-ciri-ciri-dahsyat-ini-WhW6LxL8eS.jpg Alquran dan sains ungkap hari kiamat bisa ditandai dari fenomena matahari. (Foto: Shutterstock)
A A A

HARI kiamat akan terjadi pada waktunya kelak ketika Allah Subhanahu wa ta'ala sudah berkehendak. Tetapi ada tanda-tanda yang diungkapkan dalam ayat-ayat suci Alquran dan hadis mengenai hari kiamat. Alquran dan sains juga menjelaskannya.

Dalil-dalil yang sahih menyatakan salah satu tanda datangnya kiamat adalah matahari terbit dari barat. Ketika itu semua umat manusia akan beriman, kemudian buku amal ibadah telah selesai dan pintu tobat ditutup.

Baca juga: 9 Tanda Hari Kiamat Makin Dekat, Nomor 6 Baru Saja Dialami 

Matahari.

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam yang artinya:

"Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu." (HR Muslim)

Baca juga: Mengerikan! 10 Kejadian Besar Bakal Terjadi Sebelum Kiamat 

Dihimpun dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, diterangkan bahwa terbitnya matahari dari barat merupakan bagian dari mukjizat yang diturunkan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kemudian ilmu astronomi menyebutkan, apabila suatu hari matahari terbit dari barat, maka itu bukanlah hal yang mustahil. Rotasi bumi pada porosnya akan menyebabkan pergantian malam dan siang. Jika tidak ada rotasi, maka tidak akan ada malam maupun siang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di separuh bagian bumi yang menghadap matahari terdapat cahaya siang, sementara sebagian yang lainnya terdapat malam dan kegelapan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam ayat suci Alquran:

مْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَيُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ وَسَخَّرَ ٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى وَأَنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: "Tidakkah kamu memerhatikan bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Luqman: 29)

Baca juga: Gunung Meletus Tanda Kiamat Makin Dekat? Ini Kata Ustadz Abdul Somad 

Sejumlah ahli ilmu astronomi mengatakan suatu saat nanti perlambatan kecepatan rotasi bumi pada porosnya akan sampai di suatu titik. Planet bumi pun akan mengubah arah putarannya.

Bumi bakal berputar dari timur ke barat, sehingga matahari akan tampak terbit dari barat dan terbenam di timur. Hal itu selaras dengan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam tentang tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat.

Baca juga: Benarkah Siksa Kubur Bisa Berhenti Sementara hingga Hari Kiamat? 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Sungguh, hari kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat 10 tanda-tandanya. Tanda–tanda itu ialah asap, Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa ibn Maryam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga buah gerhana (yaitu gerhana di timur, gerhana di barat, dan gerhana di jazirah Arab), keluarnya api dari Yaman, dan manusia digiring menuju mahsyar mereka." (HR Muslim)

Baca juga: 20 Nama Lain Hari Kiamat yang Tertulis di Alquran, Muslimin Wajib Tahu 

Lalu sejumlah ilmuwan mendapatkan kesimpulan yang mencengangkan. Hal ini setelah penggunaan ilmu baru yang dinamakan dengan dendrokronologi, yaitu ilmu untuk menentukan waktu melalui tumbuh-tumbuhan.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Benarkah Air Laut Memanas ketika Kiamat? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini