Share

Kisah Sukses Bos PO Haryanto Miliki 300 Bus Berkat Santuni Anak Yatim hingga Berangkatkan Haji Umrah

MNC Portal, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 621 2520169 kisah-sukses-bos-po-haryanto-miliki-300-bus-berkat-santuni-anak-yatim-hingga-berangkatkan-haji-umrah-a0qsa8ab4t.jpg Kisah sukses bos PO Haryanto berkat menjalankan amalan salih. (Foto: YouTube Yudi Chandra)
A A A

KEAJAIBAN yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-hamba-Nya tidak pernah dapat diduga. Seperti dialami bos PO Haryanto ini yang memiliki lebih dari 300 unit bus berkat rajin menjalankan amalan puasa, memberangkatkan orang-orang haji dan umrah, membangun masjid, hingga menyantuni ribuan anak yatim.

PO Haryanto selama ini dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan layanan transportasi bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) di Pulau Jawa. PO Haryanto didirikan pada tahun 2002 oleh Haji Haryanto yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah.

Baca juga: 10 Artis India Beragama Islam Selain Shah Rukh Khan, Nomor 9 Kini Fokus Dakwah 

Kisah sukses bos PO Haryanto berkat menjalankan amalan salih. (Foto: YouTube Yudi Chandra)

Usaha transportasi bus eksekutif ini dibangun Haji Haryanto setelah purnatugas di Batalion Artileri Pertahanan Udara Ringan 1/Kostrad TNI Angkatan Darat, Tangerang.

Sebagai seorang pekerja keras, ketika masih dinas usai bertugas, Haji Haryanto menjadi sopir angkutan kota dari sore hingga subuh. Sampai akhirnya dia memiliki angkot sendiri.

Baca juga: 10 Artis Korea Beragama Islam, Nomor 1 Jadi Mualaf Usai Mengunjungi Indonesia 

Setelah melalui berbagai ujian dalam usaha, Haji Haryanto akhirnya merambah angkutan bus. Dari lima bus terus berkembang hingga puluhan bus, dan sekarang memiliki 300 bus lebih. Sebagai salah satu perusahaan transportasi terbesar, PO Haryanto pun kini memiliki 2.000 karyawan.

Rian Mahendra, putra Haji Hariyanto sekaligus direktur operasional PO Haryanto, mengungkapkan usaha sang ayah tidak instan. Banyak lika-liku yang dilalui.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia mengatakan sebelum besar seperti sekarang, keluarganya sempat jauh dari Tuhan. Ini membuat keluarganya tidak tenteram.

Namun seiring berjalannya waktu, Haji Haryanto dan keluarga hijrah menjadikan usahanya sebagai ladang ibadah untuk mendapat keberkahan. Haji Haryanto bahkan rajin menjalankan puasa selama 20 tahun.

Baca juga: Jadi Mualaf, Pria Ini Rela Hidup dari Nol demi Mempertahankan Akidah Islam 

"Ini dilakukan Haji Haryanto dari 2001 sampai sekarang setiap hari. Bapak puasa terus. Kecuali hari raya Idul Fitri dan hari raya Islam lainnya," ungkap Rian, seperti dikutip dari kanal YouTube Coach Yudi Chandra.

Bahkan, Rian mengaku juga ikut rajin berpuasa. Dia menilai banyak manfaat dari berpuasa selain untuk kesehatan. "Saya bisa ngopi dan rokok setelah puasa," katanya sambil tersenyum.

Baca juga: Ketika Abu Nawas Bohongi Utusan Sultan, Pura-Pura Gila lalu Lempar Pasir 

Rian menegaskan bahwa PO Haryanto berkomitmen menjadikan usahanya sebagai ladang ibadah. Walau kondisi perusahaan naik turun, sejak tahun 2002 Haji Haryanto tetap menyantuni anak yatim piatu yang jumlahnya kini mencapai 5.361 orang. Bahkan, setiap tahun mereka memberangkatkan umrah dan naik haji, serta terus membangun masjid.

Rian pun menekankan karyawan untuk mengutamakan sholat. Termasuk sopir yang bertugas mengantarkan penumpang.

Baca juga: Dengar Kisah Nabi di Radio, Bule Ini Tidak Lagi Benci Islam dan Mantap Jadi Mualaf 

"Ada kewajiban untuk sholat. Memang susah, tapi kembali ke kita. Kita sebagai pengusaha melihat karyawan sebagai amanah. Kita akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti," paparnya.

"Kalau mereka tidak sepersisi, ya keluar. Karena saya kayak gini karena jalan Allah Subhanahu wa ta'ala. Kalau membiarkan dosa itu salah," pungkas Ryan.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 21 Desember 2021M/16 Jumadil Awal 1443H 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini