Share

Catat! Kurikulum SMA 2022 Tidak Ada Lagi Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Rabu 22 Desember 2021 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 624 2520898 catat-kurikulum-sma-2022-tidak-ada-lagi-jurusan-ipa-ips-dan-bahasa-JI4czsTysX.jpg Pelajar SMA/ Okezone

JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) akan menerapkan kurikulum pendidikan yang baru pada tahun 2022.

Hal itu juga diungkapkan langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim dalam perayaan Hari Guru Nasional beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Hadapi Tantangan di Era Teknologi, Mendikbudristek Luncurkan 3 Serangan)

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo dalam Instagram pribadinya @ninoaditomo mengatakan kurikulum prototipe pada tahun 2022 ini bersifat opsional dan fleksibel.

"Kurikulum tersebut akan lebih berfokus pada materi yang esensial, tidak terlalu padat materi. Ini penting agar guru punya waktu untuk pengembangan karakter dan kompetensi. Bukan sekadar kejar tayang materi yang ada di buku teks," dikutip Okezone dari Instagram @ninoaditomo pada Rabu (22/12/2021).

(Baca juga: Polisi yang Dibentak Siswa SMA Ternyata Seorang Kapolsek)

Berdasarkan keterangannya, kurikulum baru ini akan ditawarkan sebagai opsi bukan sebagai kewajiban. Sifatnya tidak wajib dan sekolah tidak akan dipaksa secara masal untuk menggantinya menjadi kurikulum prototipe 2022.

Target dan tujuan kebijakan kurikulum ini adalah untuk mendorong perbaikan kualitas proses dan hasil belajar, fokus utamanya yaitu pada pembelajaran.

Kurikulum yang disebut lebih fleksibel itu pada jenjang SMA nantinya tidak diberlakukan lagi program peminatan jurusan seperti sebelumnya yakni IPA, IPS ataupun Bahasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, kurikulum prototipe dirancang untuk memberi ruang lebih banyak bagi pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Sehingga, para siswa SMA bisa menekuni mata pelajaran sesuai minatnya secara lebih fleksibel.

Nantinya siswa bisa melakukan kombinasi mata pelajaran sesuai minatnya. Kombinasi ini dapat didasarkan pada kecakapan hidup yang sejalan dengan minat dan rencana karirnya di masa mendatang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini