Share

Catat! 2 Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah Nabi

Hantoro, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 618 2521594 catat-2-doa-buka-puasa-senin-kamis-sesuai-sunah-nabi-l7xtzGMlCc.jpg Ilustrasi doa buka puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)
A A A

NABI Muhammad Shallallahu alaihi wassallam telah mengejarkan banyak hal dalam kehidupan umatnya. Salah satunya lafadz doa buka puasa Senin Kamis. Setiap Muslim pun dianjurkan selalu membacanya ketika berbuka puasa sunah setiap hari Senin dan Kamis, karena tersemat keutamaan besar di baliknya.

Diketahui bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam selalu menjalankan puasa Senin Kamis. Alasannya pada dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan salih setiap Muslimin kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Kamis 23 Desember 2021M/18 Jumadil Awal 1443H 

Ilustrasi doa buka puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Viral Pangeran Saudi Belikan Mobil Baru ke Warga yang Kendaraannya Mogok di Pinggir Jalan 

Saat sudah masuk waktu buka puasa Senin Kamis disunahkan membaca doa. Usai meneguk air, pertama adalah membaca Bismillah yang artinya 'Dengan menyebut nama Allah'. Dilanjutkan dengan doa kedua yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dihimpun dari laman Muslim.or.id, Kamis (23/12/2021), tersimpan arti yang sangat baik di balik doa buka puasa Senin Kamis ini. Umat Islam diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Baca juga: Viral Muazin Ganteng Mirip Cristiano Ronaldo, Netizen: Pas Masih Mondok Ini 

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jenis-Jenis Pondok Pesantren di Indonesia, Nomor 5 Fasilitasnya Lengkap dan Modern 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini