Share

Ribuan Mata Uang Islam Dipamerkan di Arab Saudi, Berasal dari Dinasti Umayyah hingga Ottoman

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 614 2521828 ribuan-mata-uang-islam-dipamerkan-di-arab-saudi-berasal-dari-dinasti-umayyah-hingga-ottoman-nyasXRauhT.jpg Pameran mata uang Islam di Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Arabnews)
A A A

PERPUSTAKAAN Umum Raja Abdulaziz Riyadh memamerkan ribuan mata uang Islam, salah satunya terdapat koin langka. Koleksi lengkap koin dan mata uang Islami langka ini digelar di Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz di bawah koordinasi Kementerian Kebudayaan Arab Saudi.

Lebih dari 8.000 koin Arab dan Islam yang dicetak dipamerkan dengan pameran yang berasal dari periode Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Andalusia, Fatimiyah, Ayyubiyah, Atabeg, Seljuk, Mamluk, dan Ottoman.

Baca juga: Berpahala Besar, Ini 8 Sunah di Hari Jumat yang Sayang jika Dilewatkan 

Pameran mata uang Islam di Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Arabnews)

"Koleksi yang kami miliki di pameran ini menampilkan budaya Islam selama berabad-abad, dan merupakan tanggung jawab kami sebagai negara Islam untuk melestarikan harta ini dan menunjukkan kepada dunia peradaban kami," ungkap Faisal bin Muammar, pengawas umum perpustakaan, seperti dikutip dari laman Arabnews, Jumat (24/12/2021).

Dia mencatat bahwa mata uang dan koin Islam adalah barang penting dalam membantu peneliti melacak serta mendokumentasikan sejarah Islam. Dijelaskan bahwa koleksi yang saat ini dipamerkan telah dikumpulkan selama 35 tahun.

Baca juga: Abu Nawas Dilarang Naik Keledai, tapi Kok Malah Gelantungan di Perutnya? 

"Kami memiliki tempat yang aman di perpustakaan tempat kami menyimpan koin. Perpustakaan memiliki aturan, peraturan, dan prosedur untuk memperoleh bagian apa pun. Memang terkadang kami mendapat koin palsu, tapi tim ahli kami bisa membedakannya," tambah dia.

Dirinya lantas menunjukkan bahwa semua isi pameran telah didokumentasikan secara digital.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beberapa acara terkait diadakan di sela-sela pameran, termasuk peluncuran buku 'Kaligrafi Arab tentang Koin Islam' oleh Dr Nayef Al Sharaan yang ditugaskan oleh perpustakaan.

"Mengingat koin-koin Islam disimpan di Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz, saya merasa terhormat menulis sebuah buku yang menjelaskan kaligrafi Arab yang kita lihat pada koin-koin itu dan perkembangannya selama berabad-abad," jelas Dr Nayef.

Baca juga: Simak! Tips Selalu Khatam Baca Surah Al Kahfi Setiap Hari Jumat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini