Share

Mengenal Kata Qadarullah: Arti hingga Waktu Pengucapannya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 614 2524785 mengenal-kata-qadarullah-arti-hingga-waktu-pengucapannya-1m4caThnWc.jpg Ilustrasi arti kata qadarullah. (Foto: Shutterstock)
A A A

QADARULLAH adalah kata yang cukup sering digunakan kaum Muslimin. Kata qadarullah diartikan sebagai qadar atau ketetapan dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang pastinya terbaik untuk hamba-Nya.

Baca juga: Demi Jadi Mualaf, Pria Ini Rela Jari-Jari Tangannya Dipotong sang Ayah 

Ilustrasi arti kata qadarullah. (Foto: Shutterstock)

Sebagaimana dikutip dari laman Muslim.or.id, Kamis (30/12/2021), Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam menjelaskan kedudukan kata qadarullah (قَدَرُ اللَّهِ). Dalam sebuah hadis, beliau bersabda:

اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Artinya: "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, 'Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu.' Tetapi katakanlah, 'Qadarullah wa ma sya-a fa’al' (Hal ini telah ditakdirkan Allah dan Allah berbuat apa saja yang dikehendaki-Nya). Karena ucapan 'seandainya' akan membuka pintu perbuatan setan." (HR Muslim)

Baca juga: Unik! Abu Nawas Obati Sakit Pangeran Cuma Pakai Cerita Orang Tua 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ustadz dr Raehanul Bahraen dalam unggahan di akun Instagram-nya menjelaskan ada dua cara pengucapan qadarullah beserta artinya, yakni:

Qadarullaahi wa maa syaa-a fa’ala. (Ini takdir Allah, dan apa yang Dia kehendaki, Dia lakukan)

Qaddarallaahu wa maa syaa-a fa’ala. (Allah telah mentakdirkannya, dan apa yang Dia kehendaki, Dia lakukan) (HR Muslim 4/2052)

Baca juga: Ini Hukum Mempoligami Dua Saudara Tiri Menurut Syariat Islam 

Apa makna dari kalimat tersebut secara ringkas yakni agar manusia tidak mencela atau tidak terima dengan takdir Allah Subhanahu wa ta'ala.

Zikir ini berasal dari hadis yang sebelumnya telah dipaparkan. Intinya jangan sampai mencela takdir Allah Ta'ala, kemudian berandai-andai dan mengucapkan "seandainya". Hal ini bisa membuka pintu masuk setan.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Inspirasi Sukses TKW di Arab Saudi, Giat Bekerja hingga Menikah dengan Jenderal 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini