Share

Keutamaan Senyum Istri untuk Suami, Rasulullah pun Sangat Menganjurkan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 330 2527136 keutamaan-senyum-istri-untuk-suami-rasulullah-pun-sangat-menganjurkan-mmZaQm0GcR.jpg Ilustrasi keutamaan senyum istri untuk suami. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN senyum istri untuk suami wajib diketahui setiap Muslim. Perbuatan senyum ini terbilang ringan, tapi memiliki keutamaan besar. Maka itu bagi pasangan suami istri jangan pernah melewatkannya.

Dikutip dari laman nu.or.id, Selasa (4/1/2022), senyum atau menampakkan diri dengan wajah berseri di hadapan orang lain memiliki arti luar biasa. Imam Muslim dan At-Tirmidzi meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam betapa pentingnya senyum ketika berhadapan dengan orang lain.

عن أبي ذر قال قال لي النبي {صلى الله عليه وسلم} لا تحقرن من المعروف شيئاً ولو أن تلقى أخاك بوجهٍ طليق رواه مسلم والترمذي

Artinya: "Dari Abu Dzar Radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berkata kepadaku, 'Kamu jangan mengecilkan kebaikan sekecil apa pun, meski kau hanya menampakkan diri dengan wajah berseri di hadapan saudaramu'." (HR Muslim dan At-Tirmidzi)

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Asal Prancis: Tanpa Islam Kehidupan Saya Tidak Bermakna 

Berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam secara lugas mengatakan bahwa senyum di hadapan orang lain memiliki nilai pahala sedekah. Apalagi kalau senyum itu dibarengi dengan semangat berbagi terhadap sesama melalui sedekah itu sendiri, maka tentunya memiliki arti yang sangat luar biasa.

عن أبي ذر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم تبسمك في وجه أخيك لك صدقة

Artinya: "Dari Abu Dzar Radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Senyummu di hadapan saudaramu bernilai pahala sedekah bagimu'." (HR At-Tirmidzi)

Baca juga: 7 Selebgram Hijab Inspirasi Muslimah Tanah Air, Nomor 4 Mualaf Cantik dan Berprestasi 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lantas, bagaimana dengan senyum terhadap orang terdekat seperti keluarga, kerabat, atau bahkan suami dan istri?

Jawabannya tentu lebih dianjurkan. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah berpesan kepada putrinya Fathimah Radhiyallahu anha untuk senantiasa senyum dan menjaga air muka di hadapan suami. Pasalnya, senyum seorang istri terhadap suami memiliki ganjaran besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Inspirasi Nama Bayi Kembar Perempuan Islami, Nomor 5 Bermakna Pembawa Perdamaian 

يا فاطمة أيما امرأة تبسمت في وجه زوجها إلا نظر الله لها بعين الرحمة

Artinya: "Wahai Fatimah, tiada seorang istri yang tersenyum di hadapan suaminya kecuali Allah akan memandangnya dengan pandangan kasih (rahmat)." (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Uqudul Lujain fi Bayani Huquqiz Zaujain, [Semarang, Thaha Putra: tanpa catatan tahun], halaman 13)

Senyum serta air muka yang cerah suami dan istri satu sama lain dapat melahirkan pandangan rahmat Allah Subhanahu wa ta'ala terhadap rumah tangga mereka. Dari senyum satu sama lain ini, Allah Ta'ala menurunkan rahmat, berkah, kasih sayang, ketenteraman, dan keharmonisan di dalam rumah tangga tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kehujanan, Raja Basah Kuyup tapi Kok Abu Nawas Tetap Kering 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini