Share

Ketika Abu Nawas Punya Cara Cerdas Jelaskan Batas Jagat Raya, Raja pun Tercengang

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 614 2527494 ketika-abu-nawas-punya-cara-cerdas-jelaskan-batas-jagat-raya-raja-pun-tercengang-BYy6u0EBfj.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas. (Foto: Istimewa/Sindonews)
A A A

ABU Nawas tidak henti-hentinya menghadirkan kisah lucu. Kali ini tentang batas jagat raya. Berawal ketika Raja Harun Al Rasyid tidak pernah berhenti merenungkan fenomena-fenomena alam. Apa yang dipikirkannya menimbulkan banyak pertanyaan. Tetapi dari hasil muhasabahnya itu, Raja tidak pernah berhasil menemukan jawaban yang memuaskan.

Suatu ketika ia bertanya terkait batas jagat raya. Sejumlah ilmuwan, penasihat, dan orang-orang di istana tidak memberikan jawaban yang memuaskan atas kegelisahan pikiran Raja. Seketika penasihat Raja menyarankan memanggil Abu Nawas. Siapa tahu manusia yang dikenal memiliki akal yang cerdik itu bisa memuaskan Baginda Raja.

Baca juga: Kehujanan, Raja Basah Kuyup tapi Kok Abu Nawas Tetap Kering 

Ilustrasi jagat raya. (Foto: Piro4D/Pixabay)

Tidak lama Abu Nawas hadir di istana setelah dipanggil oleh pengawal. Di hadapan Abu Nawas, Raja mengatakan bahwa akhir-akhir ini dirinya sulit tidur karena keingintahuan menyingkap rahasia alam.

"Paduka Raja, rahasia alam manakah yang membuat Anda gelisah setiap malam karena ingin tahu?" tanya Abu Nawas, seperti dikutip dari laman nu.or.id, Rabu (5/1/2022).

"Begini wahai Abu Nawas, di manakah sebenarnya batas jagat raya?" tanya Raja.

Baca juga: Siasat Unik Abu Nawas Lolos saat Akan Dimasak Jadi Bubur: Kubawakan Teman Bertubuh Gemuk 

"Di dalam pikiran, wahai Paduka," jawab Abu Nawas tangkas.

"Maksud kamu?" tanya Raja ingin memperjelas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Abu Nawas menjelaskan, "Begini Paduka, ketidakterbatasan itu ada karena adanya keterbatasan. Keterbatasan itu ditanamkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala di dalam pikiran manusia."

"Lalu?" Raja masih penasaran dengan uraian Abu Nawas.

Baca juga: Cara Unik Abu Nawas Sembuhkan Penyakit Temannya: Ayo Semua Kumpul Makan Malam di Sini 

"Lalu dari alam pikiran itu, manusia tidak akan pernah tahu di mana batas jagat raya ini. Sesuatu yang terbatas tentu tak akan mampu mengukur sesuatu yang tidak terbatas," jelas Abu Nawas.

Raja pun merasa puas dengan penjelasan Abu Nawas.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Abu Nawas Tunjuk Titik Tengah Bumi tapi Raja Tidak Percaya: Ukur Saja Sendiri 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini