Share

Tobatnya Bandar Narkoba Freddy Budiman, Khatam Alquran 7 Kali Sebelum Meninggal Dunia

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 621 2527374 tobatnya-bandar-narkoba-freddy-budiman-khatam-alquran-7-kali-sebelum-meninggal-dunia-9cmEb5jnU2.jpg Freddy Budiman. (Foto: Dok Antara)
A A A

SOSOK mantan bandar narkoba Freddy Budiman selalu diingat publik Tanah Air. Ia kini telah berpulang ke Rahmatullah setelah menjalani hukuman mati di Lapangan Tunggal Panaluan, Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 Juli 2016.

Namun sebelum wafat, Freddy Budiman diketahui telah bertobat. Salah satunya disebutkan dia sudah tujuh kali khatam Alquran sebelum meninggal dunia. Freddy dilaporkan membaca Alquran dua hari berturut-turut. Demikian diungkapkan Ustadz Fatih Karim yang sempat mengisi kajian agama Islam di Lapas Nusakambangan.

Baca juga: Masya Allah, Petinju Nasional yang Latih Mantan Menaker RI Masuk Islam 

Freddy Budiman. (Foto: Dok Antara)

"Saya ngisi pengajian di penjara itu. Ini isinya orang penjara semua. Saya kan enggak kenal wajahnya. Begitu saya lihat di kanan, ada orang pakai koko putih, kopiah putih, berjenggot putih, dari tadi sampai akhir pengajian nangis senangis-nangisnya. Pipinya basah dengan air mata," cerita Ustadz Fatih, dikutip dari kanal YouTube Khutbah Muslim, Selasa (4/1/2022).

"Saya tanya ke penjaga penjara, 'Dia siapa? Dia Freddy Budiman.' Almarhum. Ada yang masih ingat Freddy Budiman? Pengedar narkoba kelas kakap. Bukan kakap lagi, sudah paus," imbuhnya.

Ia menceritakan, sebelum dieksekusi, Freddy diizinkan mengutarakan permintaan terakhir. Permintaan yang diminta adalah mengucapkan kalimat tahlil dan berharap matanya tidak ditutup saat ditembak.

Baca juga: Taat Ibadah, Asnawi Mangkualam Tak Lupa Sholat Lima Waktu meski Bertanding di Luar Negeri 

"Setelah eksekusi dibacakan, ada permintaan terakhir? Keren, Masya Allah, apa katanya? 'Tolong izinkan saya, pada saat sebelum ditembak mati mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah'," jelas Ustadz Fatih Karim.

"Permintaan yang kedua, tolong mata yang ditutup kain hitam dibuka matanya, kenapa? 'Karena saya ingin melihat dosa-dosa saya yang terlalu banyak untuk Indonesia.' Apa yang terjadi? Enggak dikasih izin. Tapi dimohon-mohon, akhirnya dikasih izin," lanjutnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sampai akhirnya tiba waktu Freddy menerima peluru timah yang mengarah ke tubuhnya. Ustadz Fatih Karim mengungkapkan kalau Freddy meninggal dalam keadaan tersenyum.

"Tangan kaki dilepas, digendong, badannya tinggi besar, ringan mas badannya. Kata sipir penjara, badannya ringan, ditaruh di keranda jenazah, wajahnya senyum. Masya Allah, mantan pemakai narkoba, matinya mengucapkan Laa ilaaha Illallah," ucapnya.

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Asal Prancis: Tanpa Islam Kehidupan Saya Tidak Bermakna 

Setelah diturunkan, jenazah Freddy Budiman difoto oleh salah seorang sipir penjara lalu dikirim ke Ustadz Fatih Karim. Sontak dia terharu dan langsung mengirim doa dari jauh.

"Begitu difoto sama teman saya tadi, sipir penjara, cekrek, 'Ustadz doakan ustadz, wajahnya Mas Freddy.' Dikirim. Yaa Allah, saya itu nangis, senyum mas, senyum. Di keningnya ada keringat sebulir-bulir jagung. Seperti kata Rasulullah, seorang yang husnulkhatimah," jelasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Baca Selebaran, Mantan DJ Ini Dapat Hidayah Islam dan Yakin Jadi Mualaf 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini