Share

Muhammadiyah Tanggapi soal Boneka Arwah, Ustadz Faozan Amar: Lebih Baik Rawat Anak Yatim

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 614 2527576 muhammadiyah-tanggapi-soal-boneka-arwah-ustadz-faozan-amar-lebih-baik-rawat-anak-yatim-nQgC1i3HaF.jpg Ilustrasi spirit doll atau boneka arwah. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEKRETARIS Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah Ustadz Faozan Amar mengatakan spirit doll atau boneka arwah yang dimiliki sejumlah artis di Indonesia hukumnya bisa beragam. Ada kemungkinan jika memiliki boneka arwah tersebut masuk kategori menyekutukan Tuhan, maka bisa disebut syirik.

"(Syirik) karena memercayai ada ruh dalam boneka yang membawa keberuntungan," ujar Ustadz Faozan Amar saat dihubungi MNC Portal, Selasa 4 Januari 2022.

Baca juga: MUI Angkat Bicara soal Boneka Arwah, Ini Penjelasan KH Cholil Nafis 

Boneka arwah.

Baca juga: Tren Adopsi Boneka Arwah, Buya Yahya: Mana Ada Pahalanya 

Lebih lanjut ia menerangkan, bisa juga makruh, yakni jika dilakukan tidak akan mendapat dosa, namun jika ditinggalkan akan mendapat pahala. Oleh karena itu, kata Ustadz Faozan Amar, daripada memelihara boneka lebih baik dananya disalurkan untuk anak yatim piatu yang memang membutuhkan.

Lain halnya jika memiliki boneka hanya untuk mengoleksi dan bermain saja, maka itu dinilai boleh. Hal ini karena bukan bermaksud menyekutukan Allah Subhanahu wa ta'ala, melainkan hiburan semata.

"Bisa boleh, jika hanya sekadar hobi untuk kesenangan saja, bukan ada maksud yang lain," ujar Ustadz Faozan Amar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Allah Subhanahu wa ta'ala mengutuk manusia yang berbuat syirik, dan telah tertulis di dalam kitab suci Alquran. Allah Ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ * الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (21). (Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan dan langit sebagai atap bagimu, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dengan (hujan) itu Dia hasilkan buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu menjadikan tandingan-tandingan bagi Allah sedang kamu mengetahui (22). (QS Al Baqarah: 21–22)

Baca juga: Viral Artis Miliki Boneka Arwah, Termasuk Perbuatan Syirik? 

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Artinya: "Dan sebagian manusia ada orang yang menjadikan tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman, mereka sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat dzalim itu melihat, ketika mereka menyaksikan adzab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat adzab-Nya (niscaya mereka menyesal). (QS Al Baqarah: 165)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Heboh Artis-Artis Adopsi Boneka Arwah, Ini Hukumnya Menurut Buya Yahya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini