Share

Doa Supaya Bisa Segera Melunasi Utang, Lengkap dengan Waktu Membacanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 618 2528682 doa-supaya-bisa-segera-melunasi-utang-bisa-dibaca-sebelum-tidur-l5MGpLAPLE.jpg Ilustrasi doa bisa segera melunasi utang. (Foto: Shutterstock)
A A A

KETIKA sedang mengalami masa sulit secara ekonomi, sebagian orang terpaksa berutang. Lalu untuk melunasinya tentu harus ada usaha atau ikhtiar serta memperbanyak doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Selain membaca doa melunasi utang, kita harus berikhtiar menjemput rezeki," ungkap Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: 11 Adab Utang Piutang Menurut Alquran dan Hadis, Nomor 8 Jangan Dianggap Remeh 

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Bikin Rumah Sempit Jadi Luas Pakai Domba, Unggas, juga Unta 

Berikut ini doa agar bisa segera melunasi utang. Berdasarkan riwayat dari sahabat Suhail, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring ke sisi kanan kemudian mengucapkan:

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Artinya: "Yaa Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil, dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran." (HR Muslim Nomor 2713)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut, kata Ustadz Asroni, doa tersebut dapat dibaca sebelum tidur. Tentunya juga telah berwudu, sebagaimana disunahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam hendaknya tidur dalam keadaan suci.

"Ini sebagai upaya agar Allah mengabulkan doa atau keinginan hamba-Nya yang sedang memiliki utang dan sulit untuk melunasinya," jelasnya.

Baca juga: 3 Makna Mendalam Surat Yasin, Jadi Renungan Muslimin agar Lebih Baik 

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Dibaca Setiap Jumat, Ini Keutamaannya 

Selain itu, ketika memiliki utang, berapa pun kecil atau besarnya, jangan sampai lupa mencatatnya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنتُم بِدَيْنٍ إِلَىٰ أَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوهُ ۚ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kalian melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kalian menuliskannya." (QS Al Baqarah: 282)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini