Share

Abu Nawas Porak-porandakan Rumah Hakim Gara-Gara Mimpi, Kok Malah Dipuji Raja?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 614 2531766 abu-nawas-porak-porandakan-rumah-hakim-gara-gara-mimpi-kok-malah-dipuji-raja-ncYTfjhii6.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

LAGI-lagi Abu Nawas menimbulkan kisah lucu yang tidak disangka-sangka. Kali ini terjadi ketika dia menolong sosok pemuda asal Mesir.

Bermula ketika ada seorang pemuda Mesir datang ke Baghdad untuk berdagang sambil membawa harta yang banyak sekali. Suatu malam ia bermimpi kawin dengan anak Tuan Qadhi (Hakim) dengan mahar sekian banyak.

Baca juga: Abu Nawas Divonis Mati Gara-Gara Buang Air Besar di Sungai, Kok Bisa? 

Tuan Qadhi yang mendengar kabar itu langsung mendatangi si pemuda Mesir dan meminta mahar anaknya. Tentu saja pemuda Mesir tersebut tidak mau membayar mahar karena hanya mimpi.

Tuan Qadhi arogan, ia merampas semua harta benda tersebut sehingga pemuda Mesir itu menjadi seorang pengemis, gelandangan, dan akhirnya ditolong oleh wanita tua penjual qahwa (kopi).

Baca juga: Cerita Abu Nawas Carikan Kambing Bertanduk Besar, Kok Malah Diukur Pakai Tangan Bayi 

Pada suatu sore, ketika Abu Nawas sedang mengajar murid-muridnya, wanita tua beserta pemuda Mesir tersebut datang ke rumah Abu Nawas. Wanita tua itu berkata beberapa patah kata, kemudian diteruskan si pemuda Mesir.

Setelah mendengar pengaduan mereka, Abu Nawas meminta murid-muridnya menutup kitab. "Sekarang pulanglah kalian. Ajak teman-teman kalian datang kepadaku pada malam hari ini sambil membawa cangkul, penggali, kapak dan martil serta batu."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ternyata Abu Nawas dan murid-muridnya beraksi memporak-porandakan rumah Tuan Qadhi. Tak ada yang bisa dilakukan oleh Tuan Qadhi selain melaporkan perbuatan Abu Nawas dan murid-muridnya kepada Raja Harun Ar-Rasyid.

"Mengapa kamu dan murid-muridmu menghancurkan rumah Qadhi?" tanya Raja, seperti dikutip dari nu.or.id, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Abu Nawas Punya Cara Jitu Atasi Ibu-Ibu Rebutan Bayi: Dibelah Saja Jadi Dua Bagian 

"Karena mimpi, Paduka yang mulia," jawab Abu Nawas.

"Hanya bermodal mimpi kamu hancurkan rumah Qadhi?" tanya Baginda lagi.

"Betul, Paduka. Hal itu juga yang dilakukan oleh Tuan Qadhi kepada pemuda Mesir," jelas Abu Nawas.

"Apa maksudmu?" tanya Raja yang belum mengerti.

Baca juga: Cara Unik Abu Nawas Kejar Maling yang Lari ke Arah Barat: Cegat dari Timur Saja 

Abu Nawas lalu memanggil pemuda Mesir beserta wanita tua penjual qahwa supaya menceritakan perbuatan Tuan Qadhi.

Raja akhirnya memecat Tuan Qadhi dan diperintahkan mengembalikan seluruh harta kepada pemuda Mesir. Sedangkan langkah Abu Nawas mendapat banyak pujian.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini