Share

Waspada! Buang Air Kecil dengan Cara Ini Bisa Timbulkan Azab dan Siksa Kubur

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 330 2532036 waspada-buang-air-kecil-dengan-cara-ini-bisa-timbulkan-azab-dan-siksa-kubur-todZZKU8mo.jpg Ilustrasi adab-adab buang air kecil. (Foto: Welcomia/Freepik)
A A A

ISLAM merupakan agama yang menjangkau semua aspek kehidupan, termasuk soal buang air kecil. Dalam ajaran agama Islam sudah diatur tata cara pipis agar tidak melakukan hal-hal yang dimakruhkan atau bahkan dosa.

Dikutip dari kanal YouTube Lensa Aswaja, Jumat (14/1/2022), ajaran agar hendaknya tidak kencing atau buang air kecil sambil berdiri juga ada dalam beberapa riwayat hadis dan fatwa sejumlah ulama.

Baca juga: 2 Waktu Terkabulnya Doa di Hari Jumat, Kapan Saja? 

Diriwayatkan dari ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:

مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَالَ قَائِمًا فَلَا تُصَدِّقُوهُ؛ مَا كَانَ يَبُولُ إِلَّا جَالِسًا

Artinya: "Siapa saja yang mengabarkan kepada kalian bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam buang air kecil sambil berdiri, janganlah kalian benarkan. Beliau tidaklah buang air kecil kecuali sambil duduk." (HR An-Nasa’i Nomor 29, At-Tirmidzi Nomor 12, dan Ibnu Majah Nomor 307, shahih)

Baca juga: Abu Nawas Porak-porandakan Rumah Hakim Gara-Gara Mimpi, Kok Malah Dipuji Raja? 

Kemudian dalam riwayat lainnya menyebutkan, dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu:

رَأَيْتُنِي أَنَا وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَتَمَاشَى، فَأَتَى سُبَاطَةَ قَوْمٍ خَلْفَ حَائِطٍ، فَقَامَ كَمَا يَقُومُ أَحَدُكُمْ، فَبَالَ، فَانْتَبَذْتُ مِنْهُ، فَأَشَارَ إِلَيَّ فَجِئْتُهُ، فَقُمْتُ عِنْدَ عَقِبِهِ حَتَّى فَرَغَ

Artinya: "Aku ingat ketika aku berjalan-jalan bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam, beliau lalu mendatangi tempat pembuangan sampah suatu kaum di balik tembok dan buang air kecil sambil berdiri sebagaimana kalian berdiri. Aku lalu menjauh dari beliau, namun beliau memberi isyarat kepadaku agar aku mendekat. Aku pun mendekat dan berdiri di belakang beliau hingga beliau selesai." (HR Bukhari Nomor 225 dan Muslim Nomor 273)

Akan tetapi masih diperbolehkan jika terpaksa buang air kecil dalam keadaan berdiri, apabila memiliki uzur atau halangan. Misalnya seseorang memiliki penyakit, sehingga tidak bisa membuang air kecil dalam keadaan jongkok atau duduk.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian perlu diketahui juga bahwa karena masalah buang air kecil bisa mendatangkan azab dan siksa kubur. Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu ta’ala menjelaskan bahwa terdapat dua syarat ketika buang air kecil sambil berdiri, yaitu aman dari terkena percikan air kencing; dan aman dari dilihat orang lain. (Syarhul Mumti’, 1: 92)

Pernah suatu hari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sedang berjalan melewati dua makam. Kemudian ia mendengar suara jeritan dan tangisan di dalamnya, ternyata orang yang meninggal itu sedang disiksa karena perihal buang air kecil.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Jumat 14 Januari 2022M/11 Jumadil Akhir 1443H 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Jumat 14 Januari 2022M/11 Jumadil Akhir 1443H 

Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengambil biji kurma masih basah dan dibagi menjadi dua, lalu dilemparkan ke makam yang di dalamnya sedang ada orang disiksa. Lalu salah satu sahabatnya bertanya, mengapa Rasulullah melakukan hal demikian. Beliau menjawab: "Semoga Allah mengampuni keduanya sebelum pelepah kurma ini kering." (HR Bukhari dan Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini