Share

Mau Didoakan Malaikat? Jadilah 5 Golongan Manusia Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 330 2532242 mau-didoakan-malaikat-jadilah-5-golongan-manusia-ini-UZCBNfQISX.jpg Ilustrasi golongan manusia yang didoakan malaikat. (Foto: Shutterstock)
A A A

MALAIKAT merupakan makhluk paling taat ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Malaikat adalah hamba mulia dan tidak pernah berbuat dosa, atau hal-hal yang dilarang oleh Allah Ta'ala.

Keistimewaan lain dari makhluk yang terbuat dari cahaya ini adalah menjalankan tugas untuk memanjatkan doa kepada hamba-hama Allah Subhanahu wa ta'ala. Tujuannya agar diridhoi dan permintaannya cepat diijabah Allah Ta'ala.

Ada lima golongan manusia yang akan selalu didoakan oleh malaikat. Apa saja? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari Kalam Sindonews.

Baca juga: 2 Waktu Terkabulnya Doa di Hari Jumat, Kapan Saja? 

1. Tidur dalam keadaan bersuci

Golongan orang yang mendapat iringan doa dari malaikat ialah yang tidur dalam keadaan suci (berwudhu). Sebagaimana hadis riwayat Imam Ibnu Hibban disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya, dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tertidur dalam keadaan suci." (HR Ibnu Hibban)

2. Duduk menunggu waktu sholat

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu sholat, selama ia berdoa dalam keadaan suci, melainkan para malaikat akan mendoakannya, Ya Allah, ampunilah ia, Ya Allah, sayangilah dia."

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Jumat 14 Januari 2022M/11 Jumadil Akhir 1443H 

3. Berada di shaf terdepan dalam sholat berjamaah

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada orang-orang yang berada di shaf-shaf terdepan." (HR Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Menyambung shaf sholat berjamaah

Muslimin yang tidak membiarkan barisan (shaf) sholat kosong termasuk orang yang senantiasa didoakan malaikat. Sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat kepada orang yang menyambungkan shaf dan siapa yang mengisi celah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang tersebut karenanya." (HR Ibnu Majah Nomor 985, shahih)

Baca juga: Kisah Rasulullah Dilindungi Jaring Laba-Laba hingga Selamat dari Kejaran Kaum Quraisy 

Baca juga: Jadi Mualaf, Gadis Cantik Asal Prancis Ini Rasakan Ketenangan saat Ucap Syahadat 

5. Orang yang mengucap 'Aamiin' saat sholat

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Jika seorang imam membaca 'ghairil maghdhuubi, 'alaihim waladdhaalliin', maka ucapkanlah oleh kalian 'aamiin'. Karena barang siapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya di masa lalu." (HR Bukhari)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini