Share

Sederet Mitos Wesi Kuning, Tameng Gaib hingga Pemancar Kewibawaan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 406 2532236 sederet-mitos-wesi-kuning-tameng-gaib-hingga-pemancar-kewibawaan-xnTxTyjt2B.JPG Wesi Kuning (Foto: JJ_Collections)

KEHADIRAN berbagai mitos serta hal-hal gaib di Indonesia masih sangat dipercaya bahkan di zaman modern ini. Beberapa dari mereka masih memiliki benda pusaka yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Salah satunya ialah wesi kuning.

Wesi kuning atau besi kuning ialah sebutan untuk jimat atau benda pusaka yang terbuat dari saripati logam yang disebut sebagai rajanya besi, yang merupakan jenis logam terbaik. Karena walaupun tanpa diisi atau diasmak, besi ini sudah memiliki energi alami yang sangat kuat.

Wesi kuning yang asli sangatlah langka. Konon, dahulu para empu yang melakukan tirakat untuk mencari besi terbaik untuk bahan pembuatan pusaka menemukan besi atau logam berwarna kuning yang memiliki kekuatan besar dan kuat walaupun belum diolah menjadi benda pusaka.

Baca juga: Mitos Mbah Atin, Wanita Tua 'Pencabut Nyawa' yang Kerap Dikaitkan dengan Petaka

Dikarenakan wesi kuning tersebut sudah memiliki energi yang besar, maka para empu tidak menjadikannya atau mengolahnya menjadi bentuk pusaka seperti keris atau tombak, tapi menjadikannya sebagai bentuk azimat seperti gadha besi kuning, payung besi kuning, jarum besi kuning, bonang besi kuning, cincin besi kuning, telur besi kuning, dan bentuk lain yang sengaja dibuat dengan ukuran kecil agar lebih mudah dan praktis untuk dibawa.

Dikutip dari berbagai sumber, wesi ini juga memiliki makna sebagai bentuk kekebalan dan keselamatan.

Banyak para dukun dan praktisi supranatural maupun orang-orang yang percaya pada kekuatan supernatural menganggap bahwa pusaka ini bernilai magis. Berikut ini beberapa khasiat wesi kuning yang banyak diketahui:

Bangkitkan tenaga dalam

Manfaat wesi kuning dipercaya mampu meningkatkan ilmu tenaga dalam. Sebab, tenaga dalam akan muncul jika mereka memiliki kepercayaan yang magis. Kepercayaan ini akan timbul seiring dengan kepercayaan Anda pada wesi kuning.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meningkatkan kharisma

Orang yang menggunakan wesi kuning mengatakan bahwa kepercayaan dirinya naik. Sebab mereka lebih merasa kharisma yang dimiliki meningkat. Bahkan yang biasanya tidak berani melakukan suatu hal karena membawa wesi kuning, ia berani melakukan hal tersebut.

Baca juga: Mitos Pesugihan Sate Gagak, Habis Dibeli Kuntilanak Penjualnya Malah Diculik Genderuwo

Jimat perlindungan

Orang di zaman jahiliyah menganggap bahwa wesi kuning banyak digunakan untuk perlindungan dari marabahaya. Mereka menganggap dan merasa aman jika menggunakan wesi kuning atau menyimpannya. Ada yang mengatakan mereka memiliki kekuatan magis.

Terlepas dari berbagai mitos tersebut, sebagai umat beragama manusia sebaiknya menggantungkan segala sesuatu termasuk perlindungan dan keselamatan hanya kepada Tuhan yang Maha Kuasa, tanpa menyekutukannya terhadap apapun, termasuk dengan suatu benda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini