Share

6 Fakta Pemindahan Ibu Kota Negara hingga Penampakan Desain Istana Presiden di Kaltim

Zikra Mulia Irawati , Okezone · Sabtu 15 Januari 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 470 2532286 6-fakta-pemindahan-ibu-kota-negara-hingga-penampakan-desain-istana-presiden-di-kaltim-YcdBua6wnX.jpeg Pemindahan ibu kota (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Ibu kota negara (IKN) Indonesia akan pindah ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sejumlah persiapan pun dilakukan, mulai dari peninjauan lokasi hingga desain istana negara baru.

Beberapa pihak pun bahu-membahu dalam proses ini agar pemindahan dapat berjalan efektif. Bagaimana fakta yang sesungguhnya terjadi di lapangan? Simak rangkuman dari Okezone di bawah ini, Sabtu (15/1/2022).

1. Akan digarap oleh Waskita Karya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk dipastikan menjadi penggarap proyek IKN baru. Hal ini diumumkan langsung oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Taufik Hendra Kusuma, Senin (10/1/2022).

“Antara lain berpartisipasi pada proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur,” katanya.

Baca Juga:Waskita Karya (WSKT) Bakal Garap Proyek Ibu Kota Baru

2. Jembatan penghubung rampung dibangun

Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan telah rampung dibangun. Tujuan dari adanya jembatan ini tak lain untuk meningkatkan konektivitas Jalan Lintas Selatan Kalimantan yang menjadi jalur utama angkutan logistik di Pulau Kalimantan.

Sebelum jembatan ini ada, jarak kedua daerah tersebut adalah 80 km karena harus memutar jalan dan memakan waktu sekitar empat jam. Kini, jarak tempuh akan lebih ringkas sekitar 30 km dan dapat ditempuh hanya dalam satu jam.

Baca Juga: Istana Garuda di Ibu Kota Baru Akan Punya Kebun Raya 100 Ha, Begini Penampakannya

3. Telah ditinjau Menkeu dan MenPUPR

Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu meninjau titik nol kompleks IKN baru agar dapat merancang anggaran dengan cermat. Dia didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta stafnya.

"Pak Basuki Menteri PUPR beserta tim @kemenpupr menjelaskan kepada saya mengenai rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur," tulisnya di Instagram @smindrawati, Jumat (7/1/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Desain istana baru telah disetujui presiden

Desain istana negara baru pun telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan nama Istana Garuda. Kabar ini disampaikan langsung oleh sang perancang, Nyoman Nuarta, melalui akun Instagram pribadinya.

“Desain ISTANA IKN , yg telah final disambut dgn sukacita, dan telah disetujui Presiden 🙏👍 ,” tulis dia, dikutip Rabu (5/1/2022).

5. Dirancang untuk miliki kebun 100 hektare

Desain buatan Nyoman itu juga menyediakan ruang terbuka hijau berupa hutan dan botanical garden seluas 100 hektare atau 92% area. Nantinya, area ini akan terletak di bagian kanan dan kiri Istana Garuda.

"Desain itu akan menghemat penggunaan energi listrik, terutama untuk menyalakan air conditioner. AC bisa dimatikan, karena ruangan akan tetap terasa sejuk,” ungkap Nyoman.

6. Ingin kepindahan tak ganggu keanekaragaman hayati

Sri Mulyani mengakui bahwa perencanaan untuk pindah IKN ini sangat rumit. Pasalnya, keseimbangan alam sekitar juga harus dipertimbangkan agar perpindahan ini tetap modern, berbudaya, beradab, serta mencerminkan nilai luhur bangsa.

"Ini merupakan proses pembangunan Ibu Kota Negara baru yang luar biasa rumit dan menantang. Bagaimana tetap menjaga lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayati dan termasuk satwa agar tetap terjaga," ujar Sri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini