Share

Sering Dianggap Sepele, Ternyata Ini Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 549 2532114 sering-dianggap-sepele-ternyata-ini-fungsi-kerikil-di-rel-kereta-api-NxdzmS6IU2.jpg Ilustrasi Kereta Api (dok Okezone)

JAKARTA - Bagi pengguna kereta api, sadarkah kamu terdapat banyak kerikil yang digunakan di sekitaran rel?

Rupanya penggunaan kerikil di sekitar rel itu ada fungsinya loh.

Melansir akun Twitter resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) @KAI121, ternyata batu kerikil yang ada di sekitar rel kereta api ini dinamakan ballast atau kricak.

rel kereta

Baca Juga:

Curhat Turis Harus Berpisah dengan Suami saat Masuk Indonesia Gegara Omicron

Glamping Mewah di Yogyakarta, Berasa di Luar Negeri!

"Kricak sendiri ternyata memiliki fungsi utama untuk menahan getaran dan mengurangi guncangan kereta api saat melintas di jalur rel, sehingga mencegah pergeseran dan perubahan bentuk pada rel kereta api," tulis KAI.

Apabila lintasan kereta api hanya disangga oleh sepasang baja, tentunya gaya yang dihasilkan dari kereta api tak bisa diredam secara oleh rel tersebut. Dengan begitu, gaya yang ditimbulkan kemungkinan berdampak pada terjadinya pergeseran dan perubahan bentuk rel.

"Kricak juga berfungsi untuk menyalurkan beban kereta api ke bantalan rel," ujar KAI.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, batu kerikil memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan tanaman liar di dasar rel kereta api.

Dengan tumpukan kerikil cahaya matahari terhalang untuk menyinari secara langsung tanah di bawah rel, sehingga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan tanaman liar tersebut.

infografis

"Selain itu, kricak berfungsi untuk menghambat tanaman liar yang tumbuh di sekitar rel kereta api, karena dapat mengganggu struktur jalur dan mengakibatkan tanah di bawah rel jadi tidak stabil," ungkapnya.

Bahkan, kricak juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi tanah akibat hujan dan banjir yang dapat menyebabkan rel ambles atau anjlok.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini