Share

Abu Nawas Bagi-Bagi Hadiah dari Raja, Kok Malah Taboki Penjaga Gerbang?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 614 2532505 abu-nawas-bagi-bagi-hadiah-dari-raja-kok-malah-taboki-penjaga-gerbang-0PGx2uumuH.jpg Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

ABU Nawas selalu menimbulkan kejadian lucu tidak diduga-duga. Kali ini ketika dia mendapat hadiah aneh dari Raja Harun Al Rasyid.

Berawal dikarenakan kena pasal penghinaan terhadap Raja, Abu Nawas pun dihukum. Dia ditaboki tentara kerajaan bertubuh kekar.

Baca juga: Abu Nawas Kehujanan tapi Bajunya Kering Semua, Raja Heran Banget, Kok Bisa? 

Usai dihukum, Abu Nawas diusir keluar istana. Ketika sampai di pintu gerbang kota, ia dicegat oleh penjaga.

"Hai Abu Nawas. Tempo hari ketika kau hendak masuk ke kota ini, kita telah mengadakan perjanjian. Masak kau lupa pada janjimu itu?" ucap si penjaga pintu gerbang, seperti dikutip dari nu.or.id, Sabtu (15/1/2022).

Dengan perasaan karut-marut, Abu Nawas hanya diam membisu. Dia khawatir emosinya meledak jika langsung menanggapi si penjaga pintu gerbang itu.

Baca juga: Abu Nawas Porak-porandakan Rumah Hakim Gara-Gara Mimpi, Kok Malah Dipuji Raja? 

"Kok kau diam saja? Kita sepakat, jika kau diberi hadiah oleh Raja, maka hadiah itu dibagi dua; engkau satu bagian, aku satu bagian. Nah, sekarang mana bagianku itu?" tanya si penjaga.

"Hai penjaga pintu gerbang, apakah kau benar-benar menginginkan hadiah Raja yang diberikan kepadaku tadi?" ujar Abu Nawas balik bertanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penjaga pintu gerbang itu menjawab, "Iya, tentu itu kan sudah perjanjian kita."

"Baik, aku berikan semuanya, bukan hanya satu bagian," kata Abu Nawas.

Baca juga: Kisah Abu Nawas Pukuli Penjaga Pintu Gerbang: Itu Hadiah dari Raja, Lho Kok? 

Baca juga: Abu Nawas Divonis Mati Gara-Gara Buang Air Besar di Sungai, Kok Bisa? 

"Wah ternyata kau baik hati, Abu Nawas. Memang harusnya begitu, kau kan sudah sering menerima hadiah dari Raja," ucap si penjaga.

Tanpa banyak omong lagi, Abu Nawas menaboki si penjaga pintu gerbang berkali-kali. Pasalnya, itulah hadiah yang baru saja didapat oleh Abu Nawas dari Raja.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini