Share

Kesetaraan Gender, Sri Mulyani: Perempuan Teruslah Berjuang Jadi Inspirasi

Athika Rahma , MNC Portal · Sabtu 15 Januari 2022 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 320 2532763 kesetaraan-gender-sri-mulyani-perempuan-teruslah-berjuang-jadi-inspirasi-h1qG2NY9x8.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan terkait kesetaraan peran perempuan di Indonesia.

Menurut data The World Economic Forum 2021, masih ada 60% kesenjangan gender di dunia. Di Indonesia sendiri, kesetaraan peran perempuan telah diperjuangkan sejak masa Ibu Kartini.

"Kisah perjuangannya terus digaungkan setiap tahun untuk membangun kesadaran betapa pentingnya peran perempuan," ujarnya, dikutip dari akun resmi Instagramnya @smindrawati, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga: Sri Mulyani Revisi Aturan Batas Restitusi PPN Pengusaha

Bendahara negara itu melanjutkan, salah satu hasil dari perjuangan tersebut ialah peran perempuan semakin diperhitungkan dan perempuan mampu memegang posisi penting di pemerintahan dan mendesain kebijakan dari sudut pandang perempuan.

"Seperti penganggaran berbasis gender, ruang pengasuhan anak dan ruang laktasi di kantor, cuti melahirkan berbayar bagi pegawai perempuan. Kemajuan ini tentunya sangat progresif bagi Indonesia jika dilihat dalam konteks global," ujarnya.

Baca Juga: Gaji Tenaga Kesehatan Bebas Pajak Diperpanjang hingga Juni 2022

Lanjutnya, kebijakan yang memberikan peluang ekonomi untuk pekerja wanita yang terlibat di sektor informal, seperti akses pinjaman modal khususnya bagi para pelaku usaha perempuan, juga nyata berhasil menarik minat masyarakat sampai dengan tingkat bawah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tentu tidak hanya data dan analisis yang bisa mendorong kesetaraan gender, tapi hadirnya role model-role model juga memegang peran penting untuk memacu semangat dalam upaya mencapai kesetaraan gender yang memberikan manfaat yang besar dan penting dari sisi ekonomi dan kualitas hidup masyarakat.

"Kepada para perempuan, teruslah berjuang menjadi inspirasi dan role model yang baik di sekelilingmu!" ungkap Sri Mulyani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini