Share
Advertisement

Sains dan Alquran: Pentingnya Jaga Kebersihan Mulut agar Terhindar dari Mikroba Jahat

Novie Fauziah , Jurnalis-Sabtu 15 Januari 2022 07:49 WIB
Ilustrasi pentingnya menjaga kebersihan mulut. (Foto: Racool Studio/Freepik)
Ilustrasi pentingnya menjaga kebersihan mulut. (Foto: Racool Studio/Freepik)
A
A
A

SAINS dan Alquran kali ini membahas pentingnya kesehatan mulut. Setiap Muslim diajarkan menjaga kebersihan mulut supaya terhindar dari ancaman mikroba jahat. Tanpa disadari sebagian orang mengabaikan perawatan mulut, padahal di dalamnya ada jutaan mikroba.

Dinukil dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, ketika manusia makan maka akan menyisakan makanan di mulut. Kemudian mikroba langsung beraksi dan memilih sisa-sisa makanan yang mengandung tepung serta gula.

Baca juga: Sains dan Alquran Buktikan Lebah Jadi Serangga Diistimewakan Allah Ta'ala 

Kemudian saat mulai bekerja di sisa-sisa makanan, mikroba akan menghasilkan zat asam yang terkonsentrasi. Zat tersebut memiliki kemampuan melarutkan bagian enamel (email) gigi secara bertahap dan menimbulkan pembusukan gigi.

Maka jika pembusukan terjadi, gigi akan menjadi sakit. Tidak jarang juga yang harus berakhir mencabut gigi. Ini untuk mencegah pembusukan terhadap gigi lain yang masih sehat.

Baca juga: Pemuda Indonesia Ghozali Ghozalu Sukses Jual NFT Foto Selfie, Chef Arnold Ikutan Beli 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menggunakan siwak. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat hadis berikut ini:

"Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb." (HR Ahmad, Irwaul Ghalil Nomor 66. Syarhul Mumti’ 1/120 dan Taisir ‘Alam 1/62)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement