Share
Advertisement

Cerita Haru di Balik Robot Avatar Jadi Murid dan Pergi ke Sekolah Setiap Hari

Tim Okezone , Jurnalis-Sabtu 15 Januari 2022 13:01 WIB
Murid robot avatar di Jerman. (Foto: Reuters/Antara)
Murid robot avatar di Jerman. (Foto: Reuters/Antara)
A
A
A

PERNAHKAH terpikirkan memiliki teman robot saat belajar di sekolah? Ya, inilah yang dialami murid-murid di Sekolah Pusteblume-Grundschule di Kota Berlin, Jerman. Setiap hari kini ada sebuah robot avatar yang datang ke sekolah dan mengikuti pelajaran layaknya murid lain.

Robot itu bukan sembarang robot, melainkan robot yang mewakili kedatangan seorang siswa bernama Joshua Matinangeli (7). Seperti dilaporkan Reuters, Joshua memiliki keterbatasan fisik, sehingga tidak mampu bergerak bebas, apalagi harus datang langsung ke sekolah.

Baca juga: Sains dan Alquran: Pentingnya Jaga Kebersihan Mulut agar Terhindar dari Mikroba Jahat 

Joshua murid di Jerman yang sedang sakit digantikan robot avatar untuk pergi ke sekolah. (Foto: Reuters)

Kehadiran robot yang disebut dengan robot avatar itu menggantikan badan fisik Joshua untuk mengalami pengalaman berinteraksi dengan rekan sebayanya. Inovasi tersebut memungkinkan Joshua bisa mengobrol dan merasakan pengalaman bermain di sekolah meski sebenarnya berada di rumah.

"Anak-anak berbicara dengannya, tertawa bersamanya, dan kadang-kadang bahkan mengobrol dengannya selama pelajaran. Joshi juga bisa melakukannya dengan baik," kata Kepala Sekolah Pusteblume-Grundschule Ute Winterberg.

Baca juga: Pecahkan Rekor YouTube, Video Baby Shark Ditonton 10 Miliar Kali 

Joshua mengalami keterbatasan fisik karena harus memakai selang di leher akibat penyakit paru- paru yang parah. Kondisi itu membuatnya tidak bisa dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kehadiran robot di dalam kelas membuat Joshua bisa merasakan kondisi nyata bersekolah dengan interaksi sosial teman sebaya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement