Share

Gempa Guncang Gedung-Gedung Tinggi, Ini Langkah Penyelamatan yang Harus Dilakukan

Novie Fauziah, Okezone · Sabtu 15 Januari 2022 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 612 2532567 gempa-guncang-gedung-gedung-tinggi-ini-langkah-penyelamatan-yang-harus-dilakukan-m0vrcD9YFJ.jpg Ilustrasi langkah penyelamatan diri dari gedung-gedung tinggi yang diguncang gempa. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)
A A A

GEMPA berkekuatan Magnitudo 6,7 yang berpusat di Sumur, Banten; dan terasa hingga Jakarta dan sekitarnya. Gedung-gedung tinggi pun terdampak hingga terguncang hebat. Akibatnya, banyak orang berhamburan ke luar gedung untuk menyelamatkan diri.

Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orang-orang yang berada di lantai atas gedung-gedung tinggi ketika terjadi gempa? Berikut penjelasannya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Ini Penyebab Infeksi Varian Omicron Timbulkan Sakit Kepala 

1. Berada di dalam gedung tinggi

Ketika terjadi gempa dan Anda sedang berada di gedung tinggi, jangan panik. Apalagi sampai beranggapan gedungnya akan roboh akibat goyangannya sangat kencang.

Lebih baik Anda menunduk dan berlindung selama masih terjadi gempa, seperti bersembunyi di bawah meja. Pastikan juga melindungi wajah dari puing-puing yang mungkin roboh karena getaran gempa.

Baca juga: 7 Cara Mudah Buat Rambut Bayi Lebat dan Sehat, Bunda Wajib Tahu 

2. Berada di dalam lift

Saat gempa kebetulan Anda berada di dalam lift, maka segera keluar secepat mungkin. Lift dengan teknologi baru didesain membuka pintu secara otomatis di lantai paling dekat. Namun, apabila lift yang Anda masuki tergolong tua, langsung tekan semua tombol yang ada.

Jika Anda terjebak di dalam lift ketika gempa, maka tekan tombol darurat dan cobalah untuk menghubungi seseorang di luar untuk mendapatkan bantuan. Jika listrik terputus, gunakan ponsel. Bahkan jika Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon, Anda mungkin dapat mengirim email melalui ponsel Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Terjebak di dalam mobil

Kemudian tidak jarang juga saat gempa tidak begitu terasa, bagi Anda yang sedang berada di dalam mobil atau mengendarai motor. Namun jika kondisi gempa sangat kencang, getaran tersebut bisa terasa.

Nah, bagi Anda yang terjebak di dalam mobil, segera nyalakan lampu bahaya dan segera menepi. Ingat, jangan keluar mobil sampai getaran gempa hilang. Disarankan juga untuk Anda yang berada di dalam mobil mencari taman atau tempat parkir yang luas untuk meminimalisasi bahaya lanjutan seperti gedung roboh.

Lalu saat berjalan kaki di luar ruangan, pada prinsipnya Anda harus menjauh dari bangunan apa pun untuk menghindari kaca, papan nama, dan ubin atap yang jatuh. Jika tidak ada tempat terbuka di sekitarnya, temukan bangunan yang tampak aman dan lari ke sana, lindungi kepala Anda dengan jaket atau tas.

Baca juga: Fotonya Sampai Dibeli Chef Arnold, Begini Potret Ghozali Everyday Telanjang Dada 

Baca juga: Tips Pakai Alas Bedak dengan Mudah, Dicoba Yuk! 

4. Berada di rumah

Jika gempa terjadi saat Anda tidur, bangunlah segera, dan cobalah menjauh dari furnitur berukuran besar, seperti meja rias. Lindungi tubuh Anda dari jendela atau lampu yang rusak dengan selimut atau selimut. Karena ruang kecil, seperti kamar mandi, dianggap relatif aman, jangan terburu-buru keluar dari rumah, tetapi berlindung di kamar yang Anda anggap aman.

Buka pintu atau jendela sedikit untuk mengamankan pintu keluar dan tetap di sana sampai gempa mereda. Namun, jika tangki air kamar mandi Anda berada di atas kepala, yang terbaik adalah keluar sesegera mungkin.

Kemudian jika Anda sedang berada di dapur, berlindung di bawah meja. Apabila di rumah memiliki kulkas besar, jangan didekati. Jika Anda memasak, jangan coba mematikan kompor sampai gempa mereda, untuk menghindari luka bakar yang tidak perlu. Getaran besar biasanya berlangsung kurang dari satu menit, setelah itu Anda harus mematikan kompor dengan segera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini