Share

NFT Lukisan Ridwan Kamil Laku Terjual Rp45 Juta, Pembelinya Sosok Crazy Rich

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Sabtu 15 Januari 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 612 2532654 nft-lukisan-ridwan-kamil-laku-terjual-rp45-juta-pembelinya-sosok-crazy-rich-NyFDyx0f2o.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Dok Humas Pemprov Jabar)
A A A

FENOMENA marketplace non-fungible token (NFT) makin ramai dibahas publik Tanah Air. Hal ini seperti dialami Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang getol memasarkan lukisan di platform digital tersebut.

Pemilik akun Instagram @lanangcikall pun mengunggah cerita pembelian lukisan karya Ridwan Kamil lewat instastory-nya. Lukisan berjudul Pandemic Self Potrait itu dibelinya hingga Rp45 juta lebih lewat marketplace NFT OpenSea.

Baca juga: Fotonya Sampai Dibeli Chef Arnold, Begini Potret Ghozali Everyday Telanjang Dada 

Diketahui, pemilik akun tersebut tak lain adalah Lanang Cikal Narendra. Selama ini Lanang dikenal sebagai crazy rich asal Bangka. Pembelian yang dilakukan Lanang juga kini ramai di-unggah para pelaku NFT lokal, seperti pemilik akun Instagram @dagelan.

Dilihat dari laman opensea.io, lukisan yang diunggah ke galeri NFT Ridwan_Kamil_Collection itu terjual dengan harga 1 Ethereum (ETH). Seperti diketahui, 1 ETH senilai USD3.213,42 atau setara Rp45,5 juta.

NFT lukisan Ridwan Kamil berjudul Pandemic Self Portrait laku terjual Rp45 jutaan. (Foto: OpenSea)

Di dalam galeri itu juga dipajang lukisan karya Solihin, salah seorang pelukis yang biasa berkarya di Jalan Braga, Kota Bandung. Lukisan tersebut telah naik harga pasarnya dari Rp500 ribu menjadi 0,09 ETH atau setara Rp4,2 juta usai dipasarkan di OpenSea.

Selain itu, Ridwan Kamil juga memajang lukisan hasil karya anak perempuannya Zahra yang diberi judul Famous Girl.

"This painting was made by my daughter which describes the women’s situation nowadays (lukisan ini dibuat oleh anak perempuan saya yang menggambarkan situasi perempuan saat ini," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Baca juga: Ini yang Menginspirasi Ghozali Ghozalu Jual NFT Selfie hingga Laku Rp12 Miliar 

Sebelumnya Kang Emil berencana memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif untuk menjual karyanya lewat platform NFT. Dia pun berjanji menampung karya para seniman untuk dijual di akun NFT yang dibangun Pemprov Jabar.

"Kepentingan saya, ini cara baru, cuma orang merasa rumit. Maka saya akan buat cara membuat akun di bursanya dan dikoordinir saja oleh kita. Jadi bisa titip ke kita, gak usah register lagi dan bayar lagi. Kita ibaratnya menyediakan wadah," jelas Kang Emil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Secara sederhana, NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Kang Emil menilai NFT ini bisa membantu ekonomi dan menjamin keaslian karya atau konten digital para seniman.

Baca juga: Pemuda Indonesia Ghozali Ghozalu Sukses Jual NFT Foto Selfie, Chef Arnold Ikutan Beli 

Baca juga: Mainkan 5 Game NFT Ini, Raup Cuan Seperti Ghozali Ghozalu 

"Memang bisa (diduplikasi) tapi barang itu gak bisa diperjualbelikan. Karena sekali dia masukan karyanya (ke platform NFT), maka blockchain, teknologi yang bisa men-tracing akan mengetahui bahwa yang aslinya bukan itu dan ditolak sistem. Sederhananya begitu," terangnya.

Disinggung soal belum adanya kejelasan regulasi NFT, Kang Emil berharap agar pemerintah bisa segera memberi panduan soal hadirnya potensi ekonomi digital baru. Dia juga akan memberi pemahaman kepada masyarakat soal peluang tersebut.

"Tugas pemimpin dan negara memberi pemahaman orang terhadap pintu ini. Saya menganalisis, regulasi itu telat dibandingkan inovasi, seperti kasus ojek online. Poinnya, pemerintah Indonesia di masa depan jangan ketinggalan kecepatannya dalam merespons ekonomi digital baru," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini