Share

Simak! 11 Cara Mandi Ini Bisa Tingkatkan Suasana Hati, Yuk Dipraktikkan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 15 Januari 2022 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 612 2532702 simak-11-cara-mandi-ini-bisa-tingkatkan-suasana-hati-yuk-dipraktikkan-OYemGtbPnj.jpg Ilustrasi cara mandi untuk meningkatkan suasana hati. (Foto: Shutterstock)
A A A

MANDI tidak sekadar membuat tubuh menjadi bersih. Mandi ternyata juga bisa meningkatkan suasana hati. Mandi pun harus dilakukan dengan tepat, tapi sayangnya masih banyak orang belum tahu cara melakukannya.

Dikutip dari Antara, Sabtu (15/1/2022), teknik yang tepat saat mandi dapat membuat kulit bercahaya, rambut berkilau, serta meningkatkan suasana hati. Jika ketika mandi mulai fokus memikirkan kesehatan kulit dan rambut, maka Anda akan merasakan perbedaannya sepanjang hari.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat kulit, rambut, dan pikiran terasa baru setelah mandi. Berikut ini tipsnya, seperti dilansir laman Boldsky.

Baca juga: Jika Sudah Terdaftar di PeduliLindungi, Masyarakat Diimbau Segera Suntik Vaksin Booster 

1. Sikat kulit mati

Bersihkan sisa-sisa kulit mati dan kotoran dengan sikat. Pastikan Anda menggunakan sikat bulu alami dan lakukan 2–3 kali sikatan di tiap area.

2. Cuci muka dengan air hangat, lalu dingin

Mencuci wajah dengan air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga produk dapat menembus kulit dan melawan jerawat. Kemudian bilas dengan air dingin.

Air dingin menutup pori-pori, sebab pori-pori yang terbuka bisa membuat bakteri masuk. Anda dapat mencuci muka di wastafel daripada mandi air dingin karena dapat memercikkan air ke wajah tanpa menyiram seluruh tubuh.

3. Menggunakan masker wajah

Anda selalu dapat membuat masker di rumah dengan bahan-bahan alami. Misalnya jus lemon dan susu untuk membuat pasta halus dan terapkan pada wajah, lalu tunggu hingga mengering kemudian bilas.

Baca juga: Ariel Tatum Berpose Sensual di Pantai Bali, Netizen: Bidadari Dunia Nyata 

4. Gunakan pelembap

Anda harus mengoleskan pelembap segera setelah keluar dari kamar mandi. Ini akan mengunci air dan melembabkan kulit.

5. Gunakan suhu air yang tetap

Air hangat membuat mandi menjadi nyaman tanpa mengeringkan kulit. Tapi, jangan gunakan air yang sangat panas karena akan menghilangkan minyak alami pada kulit. Para ahli mengatakan air hangat adalah yang terbaik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Keramas secara menyeluruh

Jangan hanya menuangkan sampo di atas kepala Anda, tapi pastikan untuk mendistribusikannya secara merata. Kemudian ambil seperempat ukuran dan gosokkan ke seluruh rambut Anda.

Jangan lupakan tengkuknya, terutama jika Anda memiliki rambut panjang sebab itulah bagian yang paling berminyak. Terus gosok setidaknya selama 30–60 detik sebelum dibilas.

Baca juga: Kisah Haru Neli Agustin, Perias Kampung yang Dihujat tapi Kini Sukses Jadi MUA 

7. Cuci tangan secara menyeluruh

Anda menyentuh banyak barang sepanjang hari. Jadi, pastikan mencuci tangan sebelum mandi. Ini akan mencegah Anda menyebarkan kuman ke bagian lain dari tubuh.

8. Membersihkan tubuh dengan aman

Sabun batangan bersifat sanitasi dan dapat digunakan kembali, tetapi loofah tidak. Bakteri, jamur, ragi, dan banyak hal buruk lainnya dapat hidup di dalam loofah.

Anda harus membiarkannya kering setiap hari dan sering menggantinya jika ingin menggunakannya. Dermatologis merekomendasikan untuk tidak menggunakan loofah.

9. Menyisir rambut sebelum mandi

Menyisir rambut Anda sebelum mandi akan membuatnya lebih mudah untuk diurai saat Anda siap menatanya. Selain itu, ini memungkinkan produk rambut Anda menembus setiap helainya.

Baca juga: Sebelum Dirawat di RS, Sastrawan Remy Sylado 3 Kali Kena Serangan Stroke 

10. Gunakan lulur beraroma

Ada sesuatu yang menenangkan dari lulur beraroma. Ini seperti aromaterapi di kamar mandi. Mereka membantu melembutkan dan memoles kulit. Meskipun scrub baik untuk kulit Anda, namun janganlah menggunakannya secara berlebihan.

11. Gunakan kondisioner untuk bercukur

Pelembap membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Ketika bercukur dengan kondisioner, Anda juga melembapkan bagian tubuh tersebut. Anda juga bisa menggunakan minyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini