Share

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Januari 2022 Lengkap dengan Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 614 2532705 jadwal-puasa-ayyamul-bidh-januari-2022-lengkap-dengan-keutamaannya-xqaQPz6c2Z.jpg Ilustrasi Puasa Ayyamul Bidh. (Foto: Freepik)
A A A

PUASA ayyamul bidh dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, 15 Hijriah. Bulan ini bertepatan dengan tanggal 16,17, 18 Januari 2022 Masehi. Setiap Muslimin pun hendaknya mengerjakan puasa ini, sebab tersimpan keutamaan besar di baliknya.

Sebagaimana diketahui bahwa puasa ayyamul bidh disebut juga puasa hari-hari putih. Pasalnya saat hari pelaksanaannya, bulan di langit sedang bersinar sangat terang atau tampak lebih putih dari biasanya.

Baca juga: Wajib Tahu, Doa Buka Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh Sesuai Sunah 

Puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan yang sangat besar. Pahalanya yang diberikan Allah Azza wa Jalla untuk orang yang menunaikannya sama seperti melakukan puasa sepanjang tahun.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari riwayat Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR Bukhari Nomor 1979)

Baca juga: Ini Keutamaan Menjalankan Puasa Senin Kamis yang Berbarengan dengan Ayyamul Bidh 

Kemudian dalam riwayat dari Abu Dzar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriah)." (HR Tirmidzi Nomor 761 dan An Nasai Nomor 2425. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya dalam riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: "Kekasihku (yaitu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam) mewasiatkan kepadaku tiga nasihat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: (1) Berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) Mengerjakan Sholat Dhuha, (3) Mengerjakan Sholat Witir sebelum tidur." (HR Bukhari Nomor 1178)

Baca juga: Abu Nawas Bagi-Bagi Hadiah dari Raja, Kok Malah Taboki Penjaga Gerbang? 

Baca juga: Bacaan Doa ketika Gempa agar Selalu Dilindungi Allah Ta'ala 

Adapun tata cara Puasa Ayyamul Bidh sama seperti puasa di bulan Ramadhan atau puasa sunah lainnya. Dimulai dari waktu subuh sampai magrib. Lalu adanya niat, menahan diri dari makan dan minum, menahan diri dari hubungan intim (jimak), serta menahan diri dari muntah dengan sengaja.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini