Share

Bacaan Doa ketika Gempa agar Selalu Dilindungi Allah Ta'ala

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 618 2532597 bacaan-doa-ketika-gempa-agar-selalu-dilindungi-allah-ta-ala-h96MwjIpnY.jpg Ilustrasi doa ketika gempa. (Foto: Shutterstock)
A A A

GEMPA berkekuatan Magnitudo 6,7 mengguncang Sumur, Banten, pada Jumat 14 Januari 2022. Gempa ini turut dirasakan hingga Jakarta dan sekitarnya. Kemudian membuat sejumlah warga Ibu panik ketakutan karena guncangannya cukup besar.

Terkait musibah gempa ini, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan semua yang terjadi kepada manusia di bumi adalah kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Gempa Besar Guncang Jakarta, Teguran dan Bukti Kasih Sayang Allah Ta'ala 

"Semua yang ada di muka bumi telah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, yaitu atas perintah-Nya (mengucapkan) Kun Fayakun," jelasnya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, musibah yang terjadi bisa melalui apa saja. Misalnya kecelakaan lalu lintas; bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tsunami; kebakaran; dan lain sebagainya. Semuanya sudah terencana oleh-Nya.

Baca juga: Gempa Jakarta, Ini 4 Amalan yang Bisa Dilakukan Kaum Muslimin 

Maka itu, sebaiknya kaum Muslimin selalu meminta perlindungan Allah Subhanahu wa ta'ala. kemudian mengawali setiap kegiatan dengan membaca doa atau setelah sholat fardhu maupun sunah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut ini doa yang bisa dibaca ketika terjadi musibah, termasuk gempa besar, agar selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta'ala.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allahumma inni a'udzubika minal hadmi wa a'udzubika minat taraddi wa a'udzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a'udzubika an yatakhabbathanisy syaithanu 'indal maut wa 'audzubika an amuta fi sabilika mudbiran wa a'udzubika an amuta ladighan.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat." (HR Abu Dawud)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Hukum Menghentikan Sholat saat Terjadi Gempa, Berikut Penjelasannya 

Baca juga: Gempa Guncang Gedung-Gedung Tinggi, Ini Langkah Penyelamatan yang Harus Dilakukan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini