Share

Tren Boneka Arwah, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Hisab Berat untuk Pembuatnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 330 2533450 tren-boneka-arwah-ustadz-adi-hidayat-ungkap-hisab-berat-untuk-pembuatnya-GT2iYIfNFL.jpg Ustadz Adi Hidayat Lc MA. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)
A A A

USTADZ Adi Hidayat (UAH) menanggapi munculnya fenomena spirit doll atau boneka arwah. Sejumlah artis di Indonesia pun mengadopsinya. Selain itu, hal tersebut juga menimbulkan berbagai pandangan di tengah-tengah masyarakat.

Ia mengatakan, mengapa harus boneka arwah yang diadopsi. Padahal, masih banyak anak yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Sebab jika dilihat dari ajaran agama Islam, sesuatu yang dianggap memiliki ruh adalah yang dianggap hidup.

Baca juga: Tren Boneka Arwah, Ustadz Khalid Basalamah: Tidak Ada Manfaat Sama Sekali 

"Kenapa enggak anak beneran saja? Kan masih ada fakir miskin yang butuh perhatian," ungkapnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Selasa (18/1/2022).

Menurut UAH, apabila dilihat dalam kacamata Islam, arwah itu punya bab sendiri, begitu juga boneka ada pembahasan tersendiri. Arwah itu jamak dari kata ruh, sesuatu yang bernyawa atau hidup. Sementara boneka merupakan benda mati yang umumnya hanya dijadikan mainan.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, apabila dipahami bisa jadi dalam boneka tersebut adalah jin, bukan arwah yang selama ini diyakini oleh si pemiliknya. Kemudian di dalam Islam jika hal itu terjadi maka bisa dikatakan sebagai penyimpangan.

"Islam tidak memahami dengan demikian, boleh jadi itu jin yang dipaksakan hadir dalam boneka itu, kemudian dipahami sebagai arwah yang hinggap di dalamnya," terangnya.

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Dapat Banyak Uang dari Balsam yang Digosok ke Gajah 

Ditambah lagi jika orang yang memiliki boneka arwah itu meyakini, hingga mengharapkan sesuatu maka jatuhnya adalah syirik. Kemudian termasuk penyimpangan akidah, sebab ia bergantung kepada selain Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Itu penyimpangan dari ketentuan Islam, karena Islam tidak memahami arwah masuk ke dalam boneka," ujar Ustadz Adi Hidayat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut ia menerangkan, orang yang sengaja membuat boneka itu, bukan untuk mainan anak-anak kecil tapi ditujukan sebagai boneka arwah, kelak dihisab sangat berat di hadapan Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Itu orang paling zalim, membuat sesuatu seakan-akan ciptaan Allah. Langsung sama Allah diberikan pertanggungjawaban. Ketika dia tidak mampu, maka akan dilemparkan ke dalam neraka paling tinggi," tuturnya.

Baca juga: Terungkap Sosok Guru Ngaji yang Jenazahnya Utuh dan Harum meski 17 Tahun Dikubur 

Baca juga: Hafizul Quran Taqy Malik Lelang Jam Tangan Rp1,1 Miliar untuk Bangun Masjid, Dimenangkan Juragan 99 

Oleh karena itu, UAH mengimbau umat Islam tidak terjerumus ke dalam hal-hal musyrik. Apalagi meyakini bahwa boneka arwah bisa membawa keberuntungan, sehingga diperlakukan dan dirawat layaknya manusia.

"Bagi umat Islam itu ada kaitannya dengan akidah, akidah sifatnya ketat karena menentukan arah kesalehan," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini