Share

Terungkap! Sosok Penting di Balik Hijrahnya Hercules Jadi Mualaf

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 621 2533204 terungkap-sosok-penting-di-balik-hijrahnya-hercules-jadi-mualaf-LHFG4YUf8d.jpg Kisah hijrah Hercules hingga mantap menjadi mualaf. (Foto: Instagram @ipangwahid)
A A A

NAMA Rosario de Marshall atau lebih kenal Hercules tentunya sudah tidak asing lagi bagi publik Tanah Air. Sosok mantan preman Tanah Abang ini sekarang memilih jalan yang lurus dan memutuskan menjadi mualaf.

Ternyata di balik hijrahnya Hercules menjadi seorang Muslim ada peran penting sang istri tercinta yaitu Nia Dania. Nia pun menceritakan awal mula Hercules mantap menjadi mualaf.

Baca juga: Dibacok Ratusan Kali Tak Mati, Gangster Ini Hijrah dan Santuni 300 Anak Yatim 

Ia mengatakan, keinginan Hercules menjadi mualaf sudah sejak lama. Namun, Nia tidak mengingat secara pasti tahun berapa suaminya itu resmi menjadi seorang Muslim. Kala itu Hercules dibimbing membaca dua kalimat syahadat di salah satu masjid di Indramayu, Jawa Barat.

Nia menjelaskan, Hercules menjadi mualaf saat usia pernikahan mereka menginjak 15 tahun. Hanya itu yang masih diingat Nia, sebab tahun pastinya dia kurang ingat.

"Tapi ada sertifikat beliau mualaf. Saat itu (mualaf) di masjid darrah Indramayu," ujar Nia, seperti dikutip dari kanal YouTube Satgasus Channel, Senin (17/1/2022).

Sebelum menjadi mualaf, kata Nia, Hercules sempat memintanya mengurus semua dokumen untuk mendaftarkan diri sebagai calon mualaf. Namun saat itu Nia tidak menanggapinya dengan serius. Dia berpikir kalau suaminya sekadar bicara, bukan keinginan dari hati.

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Dapat Banyak Uang dari Balsam yang Digosok ke Gajah 

Kemudian Hercules menanyakan lagi tentang kelengkapan persyaratannya untuk menjadi mualaf. Nia coba meyakinkan suaminya itu, apakah memang sudah siap pindah keyakinan ke Islam. Ternyata sang suami benar-benar yakin, akhirnya Nia membantu suaminya tersebut.

Setelah Hercules menjadi mualaf, Nia hanya berharap suaminya kini bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Terlebih lagi Islam merupakan agama yang penuh cinta dan kedamaian, sehingga diharapkan dapat membuat Hercules menjadi lebih taat.

"Beliau kan udah baik ya. Ya jadi lebih baik saja. Udah sih, enggak ada harapan yang lebih," kata Nia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya sosok Hercules begitu melegenda di dunia gangster dan broker. Dia juga turut mewarnai politik Indonesia di Timor Timur. Dirinya merupakan seorang portir untuk TNI AD pada masa integrasi Timor Timur.

Hercules berkali-kali mengalami hidup yang sulit dan berbahaya. Mulai dari ditembak matanya hingga dibacok ratusan kali, tetapi tidak ada satu pun kejadian tersebut berakhir merenggut nyawanya.

Baca juga: Masuk Islam, Mualaf Cantik Asal Jerman Ini Tegaskan Hanya Allah Ta'ala yang Berhak Disembah 

Hercules menganggap bahwa dirinya belum bisa wafat akibat masih memiliki banyak dosa dan belum diizinkan kembali kepada-Nya.

"Karena belum waktunya, makanya saya tidak mati. Meskipun sudah dibacok ratusan orang. Yang di atas belum mengizinkan," kata Hercules.

Baca juga: Ustadz dr Zaidul Akbar Ungkap Islam Agama Paling Lengkap Detoksifikasi, Ini Buktinya 

Dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Sabtu 25 September 2021, sekjen sebelumnya dari PBNU yakni H Ahmad Helmy Faishal Zaini mengatakan alasan Hercules menjadi mualaf karena sadar akan masa lalunya yang kurang baik serta paham betapa singkatnya usia manusia.

"Alasan Hercules bertobat dan memilih mendekatkan dirinya kepada Allah didorong dengan faktor kesadaran pribadi. Di mana dia berpendirian bahwa semua manusia hidup terbatas oleh usia," terang Helmy.

Selanjutnya, perpindahan hati Hercules menjadi mualaf tidak lepas dari sosok anggota Nahdlatul Ulama (NU) Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Dirinya merupakan guru Hercules dalam mempelajari Agama Islam.

Baca juga: Alquran Surat Asy-Syu'ara Ayat 1-227 Lengkap Terjemahan, Arti, dan Keutamaannya 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 17 Januari 2022M/14 Jumadil Akhir 1443H 

Gus Miftah juga berkata bahwa Hercules yang nanti menyelamatkan dirinya di akhirat kelak. "Ketika saya tidak masuk surga, nanti Maung Hercules narik saya, itu guru saya. Tolong dimasukkan ke surga," tukas Gus Miftah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini