Share

8 Bandara Terbengkalai Paling Seram di Dunia, Cocok Buat Uji Nyali

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 408 2533878 8-bandara-terbengkalai-paling-seram-di-dunia-cocok-buat-uji-nyali-4oqQgNUH6z.jpg Ilustrasi bandara (dok freepik)

JAKARTA - Terdapat beberapa bandara yang terbengkalai setelah tidak beroperasional lagi.

Ada bandara yang ditinggalkan karena perang, ada juga yang ditinggalkan karena bangkrut. Semuanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama kosong dan terbengkalai.

Tak terawat dan butuh renovasi di sana-sini. Kondisi itu yang bisa terlihat dari bandara-bandara ini.

Melansir Insider, berikut beberapa bandara terbengkalai paling seram di dunia:

1. Bandara Sukhumi Babushara

Bandara Sukhumi Babushara merupakan bandara utama Abkhazia. Terletak di desa Babushara dan sekitar 20 kilometer dari Sukhumi, ibu kota republik otonom.

Bandara ini dibangun pada 1960-an, tetapi tidak digunakan lagi setelah rusak dalam perang dengan Georgia.

2. Bandara Jaisalmer

Bandara Jaisalmer terletak di tenggara Jaisalmer di Rajasthan, India. Bandara ini jaraknya 12,6 kilometer melalui jalan darat dari pusat kota. Tidak ada penumpang atau pesawat yang pernah melewati Bandara Jaisalmer. Bandara Jaisalmer adalah salah satu dari lebih dari 200 bandara tanpa embel-embel yang direncanakan oleh pemerintah India. Pembangunan bandara tersebut dimaksudkan untuk mendorong perjalanan dan perdagangan di wilayah terpencil India.

infografis

Baca Juga:

Wajib Daftar Online, Pengunjung Alun-Alun Surabaya Dibatasi 100 Orang per Setengah Jam

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata ASEAN 2023, Sandiaga Uno Singgung Borobudur

3. Bandara Internasional Helenikon

Bandara Internasional Hellenikon di Yunani adalah penghubung utama kota untuk perjalanan udara komersial selama 60 tahun. Bandara ini pertama kali beroperasi sebagai pangkalan udara militer pada tahun 1938. Namun, operasional bandara ini diberhentikan sejak 2001. Hellenikon digantikan oleh Bandara Internasional Athena.

4. Bandara Internasional Nikosia

Bandara Internasional Nicosia di Siprus dibangun sebagai lapangan terbang militer pada 1930-an. Meski demikian, operasional ditutup ketika menjadi pusat pertempuran dalam kudeta militer oleh nasionalis Yunani. Bandara Nikosia menjadi bagian dari zona demiliterisasi pada tahun 1974.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Bandara Manston

Bandara Manston ditutup pada 2014 ketika pemiliknya menjual ke pengembang properti. Menurut Dewan Kabupaten Kent dan dilaporkan oleh Kent Online, bandara ini tidak menguntungkan. Pemiliknya mengalami kerugian lebih dari USD139 juta selama 16 tahun di bawah kepemilikan pribadi.

infografis

6. Bandara Tempelhof

Bandara Tempelhof di Berlin, Jerman, dibangun oleh Nazi antara tahun 1936 dan 1941, dan digunakan untuk membuat pesawat tempur dan senjata. Bandara Tempelhof, dekat dengan pusat Berlin, telah ditutup dan kini menjadi taman. Meski demikian, bagian dari bandara ini ada yang digunakan sebagai lokasi syuting film, seperti The Hunger Games.

7. Bandara Kai Tak

Bandara Kai Tak dibangun pada 1925 dan terletak di Kowloon Bay. Kai Tak sempat menjadi bandara utama bagi Hong Kong dan beroperasi selama 73 tahun hingga akhirnya ditutup pada 1998. Lokasi bandara ini dikelilingi pegunungan, laut, kemudian barisan apartemen yang mencakar langit.

8. Bandara Internasional Ciudad Real

Ketika mulai beroperasi pada tahun 2008, pengelola berharap keberadaan bandara ini bisa menarik maskapai penerbangan murah guna menggaet banyak wisatawan asing menuju Madrid. Namun, rencana ini gagal karena kalah saing dengan Bandara utama Madrid, Barajas.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini