Share

Ini Doa yang Dipanjatkan Rasulullah saat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 618 2533815 ini-doa-yang-dipanjatkan-rasulullah-saat-hujan-deras-disertai-angin-kencang-rafneTXoSN.jpg Ilustrasi doa ketika turun hujan deras disertai angin kencang. (Foto: Okezone)
A A A

HUJAN adalah salah satu nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala. Saat itulah manusia diberi kesempatan memanjatkan berdoa sebanyak-banyaknya, karena hujan adalah waktu diijabahnya permohonan hamba Allah Ta'ala.

Namun terkadang turun hujan disertai angin kencang dan petir hingga membuat banjir atau kerusakan-kerusakan lainnya. Sebagai Muslim, apa yang harus dilakukan ketika terjadi hujan badai?

Baca juga: Abu Nawas Ungkap Jumlah Ikan di Laut dan Bintang di Langit, Gimana Cara Hitungnya? 

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan jika hal itu terjadi maka disunahkan membaca doa-doa.

"Apabila hujan yang datang diiringi dengan angin yang sangat kencang, maka disunahkan untuk membaca doa," ujarnya saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Adapun doa turun hujan yang bisa dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Allahumma shoyyiban naafi’aa

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat." (HR Bukhari Nomor 1032, Ahmad Nomor 24190, dan An Nasai Nomor 1523)

Baca juga: Tren Boneka Arwah, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Hisab Berat untuk Pembuatnya 

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibunda Aisyah Radhiyallahu ‘anha: Nabi Shallallahu alaihi wassallam ketika datang angin meniup maka membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَاأُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada Engkau akan kebaikannya (angin) dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya dan kebaikan sesuatu yang diutus dengannya dan aku mohon perlindungan kepada Engkau dari kejahatannya dan dari kejahatan sesuatu di dalamnya dan kejahatan sesuatu yang diutus dengannya." (HR Bukhari dan Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian ketika badai makin kencang, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pun membaca doa berikut ini:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR Imam Bukhari)

Baca juga: Jadi Mualaf, Wanita Cantik Asal Rusia Ini Temukan Banyak Kebenaran dalam Ajaran Islam 

Baca juga: Biografi Imam Abu Hanifah: Ulama Fikih Asal Irak Pendiri Mazhab Hanafi 

Kedua hadis yang sekaligus doa tersebut menjelaskan bahwa manusia meminta kehadiran hujan untuk kemaslahatan hidup bagi seluruh makhluk yang ada di bumi bukan menghancurkannya, misal datangnya badai yang membuat sebagian rumah dan apa pun di sekitarnya menjadi hancur.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini