Share

Surat Al Kahfi, Ini Keutamaannya Dibaca Setiap Malam Jumat

Hantoro, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 330 2535118 surat-al-kahfi-ini-keutamaannya-dibaca-setiap-malam-jumat-3a8NOW7eQa.jpg Ilustrasi keutamaan baca Surat Al Kahfi setiap malam Jumat. (Foto: Shutterstock)
A A A

SURAT Al Kahfi disunahkan dibaca setiap malam Jumat hingga hari Jumat keesokannya. Tersimpan keutamaan yang sangat besar di baliknya. Maka itu, kaum Muslimin diimbau jangan sampai melewatkannya.

Diketahui bahwa Surat Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Berada di urutan ke-18 dalam kitab suci Alquran, Surat Al Kahfi terdiri dari 110 ayat. Lalu termasuk surat Makkiyyah karena diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ketika berada di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas soal Telur dan Ayam, Raja pun Kebingungan, Terpaksa Kasih Hadiah 

Keutamaan dari Surah Al Kahfi sangatlah besar. Setiap Muslim yang membacanya di rentang waktu malam Jumat hingga hari Jumat sore keesokannya akan mendapat cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dihimpun dari Rumaysho, Kamis (20/1/2022), dijelaskan dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Masuk Islam, Gadis Cantik Asal Amerika Ini Tegaskan Tuhan Tidak Miliki Anak 

Lalu dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surat Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Baca juga: Viral! Lantunan Doa Dipanjatkan untuk Makam Upin Ipin di Kota Palu 

Baca juga: Kisah TKI Faiz Slamet Sukses Jadi Petugas Haji, Punya Penghasilan Rp58 Juta/Bulan 

Berdasarkan riwayat dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surat Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini