Share

Asrama Haji Bekasi Siap Terima Kepulangan Jamaah Umrah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 614 2534917 asrama-haji-bekasi-siap-terima-kepulangan-jamaah-umrah-O3KOVvsvgH.jpg Asrama Haji Bekasi siap jadi lokasi karantina kepulangan jamaah umrah. (Foto: Abdullah M Surjaya/Sindonews)
A A A

ASRAMA Haji Bekasi sedang disiapkan menjadi lokasi karantina kepulangan jamaah umrah. Pihak pengelola pun menyatakan siap menerima jamaah yang baru saja menjalani ibadah umrah di Tanah Suci Arab Saudi.

"Perlu dipahami bahwa One Gate Policy (kebijakan satu pintu) umrah terus berlanjut sesuai hasil evaluasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, dengan melihat beberapa evaluasi OGP maka tetap dipertahankan," ungkap Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab saat meninjau kesiapan Ashaj Bekasi, Selasa 18 Januari 2022.

Baca juga: Asrama Haji Bekasi Disiapkan Jadi Lokasi Karantina Kepulangan Jamaah Umrah 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Dirjen PHU meminta semua pihak terkait mengawal OGP walau ada beberapa Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) kurang menaati.

"Dirjen PHU terus mengawal OGP karena skema OGP saat ini dinilai efektif, pengendalian jamaah umrah ini dilakukan untuk membangun kepercayaan ke Arab Saudi dengan mengirimkan jamaah umrah yang taat aturan dan taat prokes dan kami harap PPIU juga mematuhi prosedur yang diterapkan," ujarnya, seperti dikutip dari haji.kemenag.go.id.

Masih dalam arahannya, Saiful mengatakan OGP di Ashaj Pondok Gede Jakarta sampai saat ini berjalan baik. OGP juga didukung Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Sampai saat ini jamaah umrah masih diberangkatkan melalui Ashaj Pondok Gede. Administrasi tidak ada masalah, artinya semua terkendali dan umrah juga terus berjalan. Komisi VIII juga mendukung skema OGP dan minta agar umrah dapat dilebarkan ke seluruh wilayah, namun kita ketahui bahwa tidak semua penerbangan dibuka," jelasnya.

Baca juga: Masuk Islam, Gadis Cantik Asal Amerika Ini Tegaskan Tuhan Tidak Miliki Anak 

Adapun terkait skema karantina kepulangan jamaah umrah, terang Saiful, yakni Satgas Covid-19 menyediakan lebih dari 100 hotel, dan Dirjen PHU berharap Ashaj Bekasi masuk daftar rekomendasi karantina.

"Untuk mendapat rekomendasi sebagai tempat karantina, Dirjen PHU berpesan sesuai hasil rapat pimpinan bahwa Ashaj Bekasi diminta mempersiapkan tempat dengan layak. Dan disepakati bahwa ada dua pintu, yaitu Ashaj Pondok Gede sebagai tempat pemberangkatan dan Ashaj Bekasi sebagai tempat karantina," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Arahan Dirjen PHU juga meminta Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus (UHK) untuk melihat kondisi dan kapasitas Ashaj bekasi jika benar-benar nanti akan mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19.

"Saya dan Direktur UHK ditugaskan untuk meninjau keadaan dan kapasitas kesiapan, kebersihan dan lain sebagainya sampai menunggu rekomendasi dari satgas covid, maka kita berbenah dan saya minta Ashaj Bekasi menata dari beberapa sisi antara lain: jumlah kesiapan kamar, atur alur pintu masuk, penataan ulang kamar, terpenuhi hal-hal pokok (air, lampu, udara dan sirkulasi udara, kebersihan) sehingga nanti jika satgas melihat kesiapan kita maka kita sudah siap," imbaunya.

Baca juga: Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas soal Telur dan Ayam, Raja pun Kebingungan, Terpaksa Kasih Hadiah 

Baca juga: Khamr Tersedia untuk Penghuni Surga? Ini Kata Ustadz dr Zaidul Akbar 

Di akhir arahannya, Saiful berharap Ashaj Bekasi bisa memberikan fasilitas senyaman mungkin kepada jamaah umrah jika nantinya benar-benar digunakan sebagi tempat karantina.

"Silakan semua dikoordinasikan atau dirapatkan dengan berbagai pihak dan tata ulang yang perlu ditata. Mobilisasi seperti apa, bikin kerja sama dengan rumah sakit dan klinik untuk menghadirkan dokter, dan intinya usahakan asrama haji senyaman mungkin," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini