Share

Abu Nawas Jadi Tabib Dadakan Sembuhkan Pangeran: Obatnya Kawinkan sama Gadis Desa

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 614 2535298 abu-nawas-jadi-tabib-dadakan-sembuhkan-pangeran-obatnya-kawinkan-sama-gadis-desa-ysahx1ypSW.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

KELAKUAN Abu Nawas memang selalu bikin heran sekaligus tertawa riang. Seperti dalam kisah lucu berikut ini ketika Abu Nawas menjadi tabib dan coba mengobati seseorang yang sakit.

Berawal dari masyarakat mendapati putra mahkota dari Raja Harun Al Rasyid sedang jatuh sakit. Banyak tabib yang sudah didatangkan ke istana untuk mengobati sang pangeran, tetapi tidak satu pun berhasil menyembuhkannya.

Baca juga: Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas soal Telur dan Ayam, Raja pun Kebingungan, Terpaksa Kasih Hadiah 

Akhirnya pihak istana mengadakan sayembara besar-besaran. Siapa saja yang bisa menyembuhkan pangeran akan mendapat hadiah istimewa dari Raja.

Meskipun bukan termasuk tabib, Abu Nawas mengajukan diri dan yakin bisa menyembuhkan pangeran.

"Saya membutuhkan seorang tua yang di masa mudanya sering mengembara ke pelosok negeri," pinta Abu Nawas, seperti dikutip dari nu.or.id, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Abu Nawas Malah Main Rebana di Atas Kuburan, padahal Mau Dikasih Jabatan, Kenapa Ya? 

Orang tua yang diinginkan Abu Nawas didatangkan oleh Raja. "Sebutkan satu per satu nama-nama desa di daerah selatan," perintah Abu Nawas kepada orang tua itu.

Ketika orang tua tersebut menyebutkan nama-nama desa di daerah bagian selatan, Abu Nawas menempelkan telinganya ke dada sang pangeran. Kemudian Abu Nawas memerintahkan agar menyebutkan bagian utara, barat, dan timur.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah semua bagian negeri disebutkan, Abu Nawas mohon agar diizinkan mengunjungi sebuah desa di sebelah utara. Raja merasa heran.

"Kamu didatangkan ke sini bukan untuk berlibur," kata sang Raja.

Baca juga: Abu Nawas Kena Batunya, Bawa Angsa Malah Disangka Jual Keledai 

"Sang pangeran sedang jatuh cinta kepada seorang gadis desa di sebelah utara negeri ini," kata Abu Nawas menjelaskan.

"Bagaimana kau tahu?" tanya Raja.

"Ketika nama-nama desa di seluruh negeri disebutkan tiba-tiba degup jantungnya bertambah keras ketika mendengarkan nama sebuah desa di bagian utara negeri ini. Dan sang pangeran tidak berani mengutarakannya kepada Baginda Raja."

"Lalu apa yang harus aku lakukan?" tanya Raja.

"Kawinkan pangeran dengan gadis desa itu," jawab Abu Nawas.

Baca juga: Hebat! Abu Nawas Bisa Memenjarakan Angin, tapi Malah Bikin Raja Kebauan 

"Kalau tidak?" ucap Raja ragu-ragu.

"Cinta itu buta. Kalau tidak diobati kebutaannya, pangeran akan mati," ucap Abu Nawas yang sarannya seketika diterima Baginda Raja.

Wallahu a'alam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini