Share

Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian Gunung Tambora Ditutup Mulai 24 Januari

Antara, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 406 2535482 cuaca-ekstrem-jalur-pendakian-gunung-tambora-ditutup-mulai-24-januari-JVBuSsL9J0.JPG Gunung Tambora, Sumbawa, NTB (Foto: Instagram/@btn_tambora)

JALUR pendakian Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai 24 Januari 2022 ditutup karena cuaca ekstrem di gunung itu bisa membahayakan keselamatan pendaki. Hal itu disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Yunaidi.

Yunaidi menjelaskan, berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Bima dan Dompu berpeluang mengalami hujan lebat berdurasi panjang disertai petir dan hujan es.

"Memperhatikan kondisi cuaca tersebut, semua jalur pendakian Taman Nasional Tambora ditutup sementara mulai 24 Januari 2022 hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan," katanya.

Baca juga: Intip Pesona Air Terjun Bidadari di Kaki Gunung Tambora

Infografis Gunung

Terdapat empat jalur pendakian menuju Gunung Tambora, yakni Jalur Doro Ncanga dan Pancasila di Kabupaten Dompu serta Jalur Piong dan Kawinda Toi di Kabupaten Bima.

"Petugas akan tetap siaga di resor masing-masing, terutama di semua pintu masuk jalur pendakian, untuk melakukan pengawasan. Jangan sampai ada pendaki yang nekat melakukan pendakian," kata dia.

Meski jalur pendakian ditutup, ia menjelaskan, tempat wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora tetap dibuka untuk umum. Warga tetap bisa berwisata ke kawasan taman nasional dengan menerapkan protokol kesehatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini