Share

Bunda, Ini Cara Kurangi Rasa Cemas Melepas Anak Kembali Sekolah saat Pandemi

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 21 Januari 2022 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 612 2535562 bunda-ini-cara-kurangi-rasa-cemas-melepas-anak-kembali-sekolah-saat-pandemi-BjhoAKp44j.jpg Anak ikuti PTM (Foto: The Star)
A A A

KEMBALI digelarnya kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk anak-anak sekolah, tidak dipungkiri memang membuat kekhawatiran para orangtua meningkat.

Pandemi Covid-19 yang belum usai, kembali melonjaknya kasus positif, dan hadirnya varian terbaru, Omicron membuat semua orang tua cemas untuk melepas anak-anaknya kembali ke sekolah.

Tapi di satu sisi, metode sekolah online atau biasa disebut PJJ (pembelajaran jarak jauh) dalam kurun waktu dua tahun menimbulkan banyak dampak negatif. Mulai dari learning loss atau kemunduran pencapaian mutu kualitas belajar anak, hingga pengaruh pada karakter anak karena terlalu lama tak berinteraksi sosial.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengurangi rasa cemas dan kekhawatiran yang melanda karena takut anak terinfeksi Covid-19 karena kembali aktif PTM di sekolah? Berikut tujuh tips dari psikolog anak dan keluarga, Samanta Elsener, M.Psi dalam paparannya.

 menjaga prokes

1. Jaga prokes

Mempersiapkan dan menjaga protokol kesehatan yang perlu dibawa anak ke sekolah. Selalu cek perlengkapan sekolah anak sebelum berangkat, lihat apa yang perlu diganti atau ditambahkan.

2. Pahami karakter anak

Briefing anak sesuai dengan karakter temperament anak.

3. Hindari mengomel

Biasakan menginstruksikan anak secara perlahan, jangan diburu-diburu apalagi sambil dimarahi.

4. Koordinasi

Samanta menyarankan orang tua untuk rajin berkoordinasi dengan pihak sekolah atau guru wali kelas tentang bagaimana situasi di sekolah. “Jangan hanya tanya ke sesama orang tua lain, karena bisa saja orang tua yang lain juga paham dengan kondisi sekolah,” ujar Samanta.

5. Interaksi

Biasakan mendengarkan cerita anak setelah pulang sekolah.

6. Melatih diri

Sebagai orang tua, latih diri sendiri untuk bisa tenang dan sabar. Saling percaya pada pihak sekolah yang sudah menaati aturan protokol kesehatan.

 Baca juga: Cara Kurangi Rasa Khawatir saat Sekolah Mulai Pembelajaran Tatap Muka

7. Kurasi info

Biasakan diri untuk tak mudah terhasut hoaks atau gosip. Selalu lakukan kroscek sumber berita yang diterima.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini